Informasi Gempa

Tiga Gempa Beruntun Getarkan Papua Barat

VIVAnews -Tiga gempa berkekuatan sedang menggetarkan Papua Barat pagi ini, Jumat 16 Januari 2009. Menurut data Badan Meteorologi dan Geofisika, gempa pertama terjadi pukul 06.37 WIB, dengan kekuatan 5,4 skala Richter di Manokwari. Lokasi gempa terjadi diĀ  0.2 LS - 133.01 Bujur Timur, dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa pertama terjadi di 138 kilometer Barat Laut Manokwari, Papua Barat.

Gempa kedua, berkekuatan lebih kecil yakni 5,3 skala Richter, terjadi di Sorong, Papua Barat pada pukul 06.52 WIB. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer berpusat di 159 kilometer Timur Laut Sorong, Papua Barat.

Gempa berkekuatan paling besar yakni 5,8 skala Richter terjadi di Manokwari. Gempa sedalam 10 kilometer itu berpusat di 140 kilometer Barat Laut Manokwari.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

Sampai saat ini belum ada informasi tentang kerusakan akibat gempa tersebut.

Pada Minggu 4 Januari 2009 dini hari, Manokwari diguncang gempa sembilan kali, dengan kekuatanĀ  berkisar antara 5,2 hingga 7,6 skala ricther. Gempa juga terasa di Sorong dan merusak bangunan di sana. Setidaknya empat orang diperkirakan tewas dalam bencana itu.

Daerah Manokwari dan sejumlah daerah sekitarnya merupakan daerah rawan gempa. Sebab, merupakan daerah pertemuan empat lempeng sekaligus yakni Australia, Eurasia, Pasifik dan Philipina. Berdiam dekat keempat lempeng itu menyebabkan Manokwari hampir tiap hari diguncang gempa, walau sebagian besar dengan skala sangat kecil.

Indonesia Jadi Penghasil Sugar Daddy Terbanyak ke-2 di Asia Tenggara
Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024