842 Truk Angkut Sampah Banjir Jakarta

VIVAnews - Bencana banjir yang kini telah melanda Jakarta tidak hanya menyebabkan warga mengalami kerugian materi dan terserang penyakit. Banjir juga menyisakan sampah yang menumpuk di sekitar titik-titik banjir.

"Sampah-sampah akibat banjir tidak boleh dibiarkan bertumpuk karena akan merugikan kesehatan warga. Gubernur minta kami segera membersihkan sampah di seluruh wilayah," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI, Eko Bahruna, Sabtu 17 Januari 2009, seperti ditulis situs resmi Pemda DKI.

Karena itu, Dinas Kebersihan DKI mengerahkan 842 truk untuk mengangkut sampah tersebut ke Tempat Pembuangan Akhir Bantar Gebang. Sampah-sampah tersebut juga akan dibuang ke lahan terbuka milik Dinas Pekerjaan Umum DKI yang berlokasi di Pegangsaandua, Jakarta Utara.

Dari 41 titik banjir, sampah yang harus segera dibersihkan diperkirakan mencapai 20.500 meter kubik, dengan asumsi setiap titik banjir menghasilkan 500 meter kubik sampah. Jumlah ini termasuk juga sampah-sampah yang menyangkut di beberapa pintu air di Jakarta.

Personel yang akan dikerahkan untuk membersihkan sampah-sampah tersebut, Dinas Kebersihan DKI Jakarta akan mengerahkan 500 personel. Personel tersebut berasal dari masing-masing Suku Dinas Kebersihan di lima wilayah Kota Administrasi, setiap Suku Dinas mencapai 100 perseonel.

Intruksi pembersihan sampah ini, Eko melanjutkan, disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo saat meninjau kegiatan pembersihan sampah di Jembatan Pelangi di Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat 16 Januari 2009.

Dalam kesempatan tersebut, gubernur meminta Dinas Kebersihan bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Satuan Polisi Pamong Praja untuk mengangkut sampah akibat banjir segera mungkin. Jangan sampai ada tumpukan sampah, karena bisa menimbulkan penyakit.

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5
Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024