DPU Dapat Dana Stimulus Rp 6 Triliun

VIVAnews - Departemen Pekerjaan Umum akan mendapat dana stimulus sebesar Rp 5-6 triliun. Departemen ini mendapat prioritas mengingat proyek yang digarap bakal menyerap banyak tenaga kerja.

Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta mengatakan dana tersebut berasal dari dana stimulus Rp 15 triliun yang dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2009. Sisanya akan diberikan kepada  Departemen Perhubungan, Kementrian Negara Komunikasi dan Informasi dan Kementrian/Lembaga lainnya.

"Itu (Departemen PU) difokuskan untuk infrastruktur," ucap Paskah di Bappenas, Senin, 19 Januari 2009. Sektor ini menjadi prioritas karena selain menyerap tenaga kerja juga memiliki muatan vital.

"Misalnya untuk jalan, irigasi, jembatan dan lainnya. Ini selain penting untuk daerah tapi juga bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi
domestik," ujarnya. Untuk lapangan kerja diharapkan bisa terserap satu juta lapangan kerja untuk setiap satu persen pertumbuhan ekonomi.

Dalam APBN 2009 pemerintah menyiapkan stimulus fiskal sebesar Rp 27,5 triliun. Dana ini akan digunakan untuk memberikan stimulus sektor riil guna menggairahkan pasar dan industri dalam negeri yang diperkirakan lesu terkena dampak krisis global.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng
Bea Cukai layani ekspor pakaian dalam wanita

Pakaian Dalam Asal Bantul Siap Bersaing di Amerika dan Inggris

Bea Cukai layani ekspor puluhan ribu pakaian dalam wanita asal Kabupaten Bantul ke Amerika dan Inggris pada Kamis (21/03).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024