Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

DKI Bangun Bemper di Sekeliling Depo

VIVAnews - Kebakaran yang melanda depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara mencuatkan wacana relokasi warga yang bermukim di sekitarnya. Jangka pendek, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat area pengaman atau bemper (bumper zone).

"Akan kita rumuskan untuk membuat format kawasan bumper zone di kawasan itu," kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Senin 19 Januari 2009.

Pelaksana Harian Wali Kota Jakarta Utara, Effendi Anas, menambahkan, zona pengaman itu dibuat selebar 50 meter melingkari kawasan depo Pertamina dengan sistem drainase di dalamnya. Tujuannya untuk mengamankan warga dari rembetan api jika sewaktu-waktu terjadi ledakan.

Relokasi di sekitar depo memang sempat menjadi pembahasan serius antara Pemerintah Provinsi DKI dan Pertamina. Namun, relokasi tak bisa dilakukan secara serta merta oleh Pemerintah Provinsi DKI karean menjadi wewenang Pertamina. "Nggak mungkin APBD membiayai aset milik pemerintah pusat, itu kan milik BUMN," ujarnya.

Saat ini kawasan di sekeliling depo dihuni sekitar 7400 kepala keluarga di lahan seluas 83 hektare. "Waktu itu Pertamina membebaskan lahan di daerah tanah merah tahun 1992. Rata-rata warga yang disitu adalah korban gusuran," ujar Effendi.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang
Gerakan olahraga russian twist

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Round-up kanal Lifestyle pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang deretan olahraga ringan yang bisa dilakukan setelah lebaran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024