Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Mabes Polri Tegaskan Ada Human Error

VIVAnews - Penyebab kebakaran hebat di Depo Pengisian Bahan Bakar Pertamina Plumpang, Jakarta Utara sudah diketahui. Polisi juga mensinyalir ada kesalahan manusia dalam kebakaran yang sempat mengganggu distribusi BBM untuk Jabodetabek dan sekitarnya itu.

"Kebakaran yang terjadi diduga karena masalah teknis atau technical program baik berupa human error atau equipment error," ujar juru bicara Markas Besar Polri, Inspektur Jenderal Abubakar Nataprawira, di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 20 Januari 2009.

Kendati ada dugaan kuat human error, polisi belum menetapkan satu orang pun menjadi tersangka. Hingga kini, sudah ada 37 saksi yang diperiksa dalam kebakaran hebat pada tangki yang saat itu berisi 1.500 sampai 2.000 kiloliter bahan bakar Premium itu.

"Yang sudah dimintai keterangan sejak kejadian sampai sekarang itu ada 22 orang dan sore ini yang mengantre akan diperiksa ada 15 orang," jelas Abubakar. Saat ini kasus kebakaran itu ditangani Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Kepolisian Resor Jakarta Utara. Menurut Abubakar, Markas Besar Polri sendiri mengerahkan tim Pusat Laboratorium Forensik.

Satu korban tewas dalam kondisi mengenaskan ditemukan berjarak sekitar 50 meter dari tangki tersebut. Untuk sementara, korban diidentifikasi bernama Zaenuddin (25) yang merupakan petugas satuan pengamanan Pertamina.
    
Kebakaran hebat itu terjadi pada Minggu, 18 Januari 2009, sekitar pukul 21.00 WIB. Api baru bisa dipadamkan pada Senin, 19 Januari 2009, sekitar pukul 06.00 WIB. Kebakaran itu menimpa tanki raksasa yang terbesar dan modern. Kapasitas Depo Plumpang sendiri menjadi pusat suplai bahan bakar untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong
Deva Mahenra dan Mikha Tambayong

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Ramadan menghadirkan kesan yang lebih mendalam saat dirayakan bersama keluarga. Namun, berbeda dengan sejumlah artis ini karena memiliki pasangan beda agama.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024