Imlek di Mata Pakar Feng Shui

Asal-Usul dan Gejala Tahun Kerbau Tanah

VIVAnews - Kerbau adalah salah satu dari 12 lambang zodiak China. Menurut para peramal, kerbau memiliki sifat yang kalem, pekerja keras, punya pendirian yang kuat dan gigih.  

Menurut legenda, kerbau membiarkan seekor tikus yang licik untuk menumpang jalan di atas kepalanya dalam suatu perlombaan untuk menentukan urutan binatang. Sebelum kerbau menyentuh garis finis, si tikus ternyata langsung melompat dari kepalanya sehingga lebih dulu lewat garis.
 
Itulah sebabnya, dalam urutan zodiak China, tikus tampil lebih dulu dari kerbau. Contohnya, tahun 2008 adalah Tahun Tikus.

Sejumlah tokoh dunia yang lahir di tahun yang bershio kerbau adalah mendiang Presiden Amerika Serikat, Richard Nixon (1913), mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher (1925), mendiang Putri Diana (1961), dan dua aktor Hollywood, yaitu George Clooney (1961) dan Richard Gere (1949).

Setiap awal Tahun Baru China, orang-orang Tionghoa biasanya membuat perayaan besar-besaran bersama keluarga sambil melakukan tradisi memberi amplop berwarna merah berisi uang kepada orang-orang yang dikasihi - terutama orang tua dan anak-anak kecil. Tradisi itu bernama "hong bao" atau angpao.

Namun tahun ini, mengingat krisis keuangan yang melanda banyak negara, banyak orang Tionghoa memilih untuk melakukan perayaan secara sederhana dan tidak boros memberi angpao.
 
Itulah sebabnya masyarakat awam dan peramal menilai Tahun Kerbau bakal dilalui dengan suasana prihatin dan harus dengan kerja keras. "Ini akan menjadi tahun yang menggetarkan. Kita belum benar-benar mencapai puncak masalah," kata Joey Yap, pakar Feng Shui di Malaysia, yang menilai ekonomi belum pulih sebelum tahun 2010.

Feng Shui adalah metode tradisional orang China dalam meramal peruntungan, jodoh, dan kesehatan melalui desain bangunan, penempatan benda maupun penanggalan dan angka.
 
"Tahun Kerbau tampaknya sedikit lebih baik dan tidak begitu mengerikan seperti tahun lalu, namun tetap saja ada guncangan," kata ahli Feng Shui di Hong Kong, Alion Yeo.
 
Kendati harus prihatin dengan kondisi ekonomi, orang Tionghoa bertekad tetap merayakan Imlek dengan bersikap bijak. "Yang penting keluarga bisa menikmati kebersamaan, namun tidak perlu sampai ada pengeluaran yang berlebihan," kata Ooi Lee Mui, seorang ibu rumah tangga di Kuala Lumpur, Malaysia.
 
Sedangkan pakar Feng Shui di Hong Kong, Raymond Lo, menilai bahwa Tahun Kerbau Tanah memberi secercah harapan. Tahun lalu adalah Tikus Tanah, sedangkan tahun ini adalah Kerbau Tanah.

Lo yakin bahwa tanah adalah elemen yang mewakili harmoni dan perdamaian. Sejak tahun 1949 - masa di mana dunia relatif tenang setelah dilanda Perang Dunia Kedua - belum pernah ada pertemuan dua elemen tanah di Tahun Kerbau.

"Kini adalah tahun pemulihan...dari saat sulit yang dunia telah alami," kata Lo. (AP)

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka
Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Guru Besar Fakultas Psikologi UI Prof. Dr. Mirra Noor Milla, sepakat bahwa perempuan, anak-anak, dan remaja rentan terpapar radikalisme, seperti paparan BNPT

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024