Pra Piala Asia 2011

Bendol Tebar Psywar

VIVAnews - Pelatih Tim Nasional (timnas) Indonesia, Benny Dollo mencoba membakar semangat pemain-pemainnya jelang duel kontra Australia di Pra Piala Asia (PPA) 2011 yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu, 28 Januari 2009. Ia mengibaratkan duel ini dengan zaman penjajahan Belanda dulu. 

Duel Indonesia vs Australia hanya berjarak sehari lagi. Selain menjejali pemainnya dengan latihan strategi dan taktik saja Bendol-sapaan akrab Benny Dollo- mulai membakar semangat pemain-pemainnya dengan menyebar psywar alias perang urat syaraf.

Menurut Bendol duel ini sama seperti penjajahan Belanda atas Indonesia. Hal itu dikaitkan dengan latar belakang pelatih Australia, Pim Verbeek yang kebetulan adalah warga negara Belanda.  

“Sejak dulu, Indonesia tak akan mau kalah dari Belanda. Jadi, sekarang pun, kami tak akan mau dikalahkan oleh Belanda,” kata Bendol kepada Artha Tidar, wartawan GOSport, usai memimpin anak asuhnya latihan di SUGBK, Senayan, Jakarta, Senin, 26 Januari 2009.

Mantan pelatih Persita Tangerang dan Arema Malang itu optimistis timnya bisa mengimbangi permainan Australia. Kuncinya saat duel nanti, Markus Horison cs tidak lengah saat bertemu Australia yang datang dengan tim lapis kedua.  

“Ketika lawan Oman, kita sempat berfikir, mereka akan kelelahan karena hanya selang dua hari setelah menjuarai turnamen Piala Teluk 2009, langsung bermain di kualifikasi PPA 2011. Ternyata, mereka tidak tampil capek atau lelah. Jadi, meski Australia datang dengan pemain muda, tak ada alasan, mereka akan main seadanya,” ujar Bendol.

Saat latihan pada Senin (26/1) malam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, timnas kembali mematangkan latihan serangan cepat dengan alur bola pendek dan merapat. Konsentrasi latihan difokuskan pada kordinasi antar pemain.

Senada dengan Bendol, striker timnas Budi Sudarsono juga menilai Australia bukan tim yang tidak mungkin dikalahkan. “Australia bukan tim Oman. Mereka punya kualitas, tapi bukan jaminan mereka tak bisa dikalahkan,” ujar Budi.

Smelter Freeport di Gresik Mulai Produksi Agustus 2024 dengan Kapasitas 50 Persen
Gibran Tiba di Rumah Dinas Wapres, Ma'ruf Amin

Gibran Sowan ke Rumah Dinas Wapres Ma'ruf Amin, Langsung Cium Tangan

Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka tiba di rumah dinas Wapres Ma'ruf Amin di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024