Emmanuel Adebayor

Hampir Divonis Tak Bisa Berjalan

VIVAnews - 20 tahun silam, Alice selalu menangis saat menghadapi kenyataan buah hatinya tak kunjung bisa berjalan. Tapi, keajaiban datang beberapa saat kemudian. Putranya kini telah menjadi pesepakbola handal. Dialah Emmanuel Adebayor.

Ya, Adebayor memang sempat membuat sang ibu merasa khawatir. Di saat rata-rata anak kecil bisa berjalan di usia 1 hingga 1,5 tahun, Adebayor kecil tak kunjung bisa berdiri di saat usia hampir mencapai 4 tahun.

Kondisi itu yang sempat membuat Alice berpikiran buah hatinya tak akan pernah berjalan. Alice sendiri telah membawa Adebayor kecil berobat ke seluruh penjuru Afrika. Tapi, tak membuahkan hasil hingga sebuah keajaiban datang.

"Saya tidak kunjung berjalan saat umur saya mencapai 4 tahun. Ibu saya telah membawa saya berobat ke Nigeria, Lagos, Ghana dan seluruh pelosok Afrika tapi tidak membuahkan hasil," kenang Adebayor kepada The Sun, Selasa, 3 Februari 2009.

Bisa dibayangkan, kepedihan tentu dirasakan sang bunda. Bayang-bayang buah hatinya tak akan bisa berjalan terus menghantui Alice. Sadar segala pengobatan tak berbuah hasil, Alice akhirnya menemui seorang pendeta. Pendeta itu meminta Alice berdoa selama satu pekan penuh bersamanya.

"Mereka juga mengatakan jika saya tidak berjalan di akhir pekan itu, maka saya tidak akan bisa berjalan. Bisa dipahami mengapa ibu saya terus menangis," ujar Adebayor.

Kontan Alice bersama beberapa pendeta mulai rutin menggelar doa bersama. Tapi, hingga hampir satu pekan, Adebayor tak kunjung memperlihatkan gejala akan bisa berjalan. Sang ibu juga terlihat mulai putus asa hingga sebuah keajaiban datang.

“Sekitar pukul sembilan atau sepuluh di Minggu pagi, saya mendengar anak-anak kecil bermain di luar. Tiba-tiba, seorang anak menendang bola masuk ke gereja. Dan orang pertama berdiri dan berlari adalah saya karena saat itu saya ingin mendapatkan bola itu," beber Adebayor.

“Ibu saya saat itu takut karena dia sebelumnya tidak pernah melihat saya berjalan dan berlari. Saat itu pula, beberapa orang yang sedang berdoa digereja mengatakan pada ibu saya; "Anakmu bisa berjalan karena sepakbola, dan sepakbola ada di dalam darahnya"," lanjut striker 24 tahun ini.

Terinspirasi hal itu, Alice mulai mengarahkan Adebayor kecil menggeluti dunia sepakbola. Kini, Adebayor menjadi salah satu pesepakbola terbaik di kolong langit ini. Kenangan itu pula yang membuat Adebayor dikenal religius oleh rekan-rekannya di Arsenal.

Adebayor sendiri didatangkand Arsenal dari AS Monaco pada Januari 2006 lalu dengan nilai transfer 7 juta poundsterling. Kini ia menjadi salah satu pujaan publik Emirates Stadium dan dianggap menjadi salah satu striker terbaik di Liga Inggris.

Bersama The Gunners, Adebayor telah mengoleksi 44 gol dari 99 laga. Sedangkan di timnas Togo, Adebayor telah bermain 38 kali dan mencetak 34 gol.

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti
Drama  Sungkyunkwan Scandal

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

Pada 2010, drama Korea Sungkyunkwan Scandal meraih kesuksesan yang luar biasa di kalangan penonton. Namun, seiring berjalannya waktu, drama ini mulai sulit ditonton

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024