Pelempar Sepatu ke PM China Segera Diadili

VIVAnews - Seorang pria yang berusaha melempar sepatu ke Perdana Menteri China, Wen Jiabao, saat memberikan kuliah umum di aula Universitas Cambridge, Inggris, Senin 2 Februari 2009, langsung dikenai dakwaan.

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Seperti dikutip dari laman stasiun BBC, polisi mengatakan bahwa lelaki yang belum diungkap identitasnya ini akan diajukan ke persidangan di Cambridge, Selasa 10 Februari pekan depan. Pria berusia 27 tahun dituduh melakukan penghinaan di depan umum.

Sebelum insiden pelemparan sepatu terjadi, Wen sedang berpidato mengenai kondisi ekonomi dan strategi China menghadapi krisis keuangan global di depan para mahasiswa universitas setempat, kemarin. Menjelang akhir pidato, seorang laki-laki berdiri di belakang sambil berteriak "diktator."

"Bagaimana bisa Universitas [Cambridge] melacurkan diri dengan diktator ini?" teriak laki-laki yang tidak diketahui identitasnya itu menyinggung Universitas Cambridge yang mengundang Wen memberikan kuliah umum. 

Selanjutnya, dia berusaha melempar salah satu sepatu yang dipakainya ke arah Wen, yang masih terpana mendengar teriakan dia. Beruntung, sepatu tersebut mendarat sekitar satu meter dari podium tempat Wen berdiri.

Pria itu langsung diringkus oleh petugas keamanan dan langsung diserahkan ke polisi dengan tuduhan mengganggu ketertiban umum. Saat digiring keluar, terdengar teriakan dari salah seorang hadirin ke si pelempar sepatu, "Kamu memalukan."

VinFast VF e34

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

VinFast sebagai perusahaan otomotif asal Vietnam, secara resmi meluncurkan kehadirannya di Indonesia dengan membawa angin segar bagi industri otomotif Tanah Air. Hanya da

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024