Target 2009

Produksi Gas Tangguh 430 Juta Kaki Kubik

VIVAnews - Pemerintah menargetkan produksi gas dari lapangan Tangguh di Papua pada tahun ini sebesar 430,85 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).  

Kepala Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) R Priyono mengatakan angka tersebut sesuai dengan angka sementara yang tertera rencana kerja dan anggaran (RKA) BP Tangguh sebagai operator dalam eksplorasi dan produksi di lapangan itu.

"Selain gas, Tangguh juga mulai produksi minyak sekitar 1.000 barel per hari," ujar dia di Jakarta, Selasa, 3 Februari.

Priyono menambahkan, sesuai RKA para kontraktor minyak dan gas, produksi gas seluruh kontraktor akan mencapai 7.935 MMSCFD atau di atas target APBN 2009 sebesar 7.560 MMSCFD.

Sementara itu, pada Januari 2009, produksi gas Tangguh sudah mencapai 7.643 MMSCFD.
 
Pada kesempatan yang sama, Dirjen Minyak dan Gas (Migas ) Departemen ESDM Evita Herawati Legowo menuturkan, pihaknya menargetkan pengapalan pertama gas alam cair (liquified natural gas/LNG) dari Tangguh, Papua bisa dimulai Mei 2009.

"Seharusnya pengapalan pertama LNG Tangguh dilakukan Februari ini, tetapi karena ada kesalahan teknis menjadi mundur," ujar dia.

Tetapi, kata dia, hingga kini pemerintah juga belum memutuskan lokasi pengiriman LNG apakah ke China atau Korea Selatan. Sedangkan, pengaliran produksi gas pertama ke kilang akan dimulai April 2009.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?
Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024