Pengamanan Pemilu

Empat Hal yang Diwaspadai Polisi

VIVAnews - Pemilu 2009 tinggal dua bulan lagi. Kepala Kepolisian RI, Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengatakan polisi siap mengamankan pemilu agar aman, lancar, dan sukses. Untuk pengamanan pemilu, kata dia, polisi tak mau ambil resiko.

"Waspadai kerawanan pemilu," kata Bambang Hendarso dalam pidato pelantikan pejabat Polri baru di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu 4 Februari 2009.

Kerawanan pemilu, kata dia,  bisa berkaitan dengan kebijakan Komisi Pemilihan Umum dan putusan Mahkamah Konstitusi terkait pemilu. Selain itu juga terkait distribusi logistik pemilu. " [Juga] konflik berkaitan dengan caleg terpilih, yang ditentukan dengan suara terbanyak," tambah dia.

Bambang Hendarso mengimbau masyarakat dan peserta pemilu untuk saling menghargai dan mematuhi aturan yang berlaku. Seluruh kepolisian daerah di seluruh Indonesia, kata dia, sudah diperintahkan duduk bersama dengan para peserta pemilu. "Untuk berkomitmen, sepakat menghadapi kemungkinan ke depan dan tak melakukan kekerasan sekecil apapun," kata Bambang Hendarso.

Ekspresi ketidakpuasan terkait pemilu, kata Bambang Hendarso, tak harus dilakukan secara anarkhis. Kata dia, sampaikan saja ketidakpuasan kepada Badan Pengawas Pemilu. Laporan tersebut nantinya akan dilaporkan ke Sentra Penegakan Hukum Pemilu. "Kasusnya akan diselesaikan di pengadilan," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Badan Pengawas Pemilu, Nur Hidayat Sarbini mengungkapkan, kasus pidana Pemilu ditangani melalui dua pintu. Pertama pintu reguler, yaitu KPU berkoordinasi langsung dengan polisi. Kedua, pintu khusus, Badan Pengawas Pemilu yang melengkapi laporan lalu menyerahkannya ke polisi.

Bentuk kerjasama penegakan hukum dalam Pemilu ini juga diwujudkan dalam pembentukan pos bersama yang disebut Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakumdu). Sentra ini terdiri dari Pengawas Pemilu, Kepolisian dan Kejaksaan.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024