Suaka Margasatwa Muara Angke (II)

Monyet pun Turut Mengamati

VIVAnews - Tibalah kami di antara pepohonan Nipah. Tepat pada titik 600  meter board walk. Di antara  daun-daun Nipah, agak menjorok ke jalur pengamatan. Dua monyet ekor panjang asyik beristirahat dan mencari kutu. Agak ke bawah, masih banyak monyet-monyet kecil yang bermain.

Waduh! Langsung mengkeret deh! Aku mepet ke Ferry, takut di serang monyet-monyet. Soalnya ada monyet yang merasa terganggu, dan sempat mengancam kami dengan memperlihatkan giginya. Seekor monyet jantan juga turun ke jalur pengamatan. Tadinya mau balik lagi ke pos depan. Males melewati kerumunan monyet di antara Nipah.

Tambah lagi dengar cerita Putri, volunteer JGM yang pernah di serang gerombolan monyet  di Muara Angke. Ih serem! Membayangkan Putri di gelendotin monyet.

“Baru sembilan bulan kerja di Muara Angke, aku pernah diserang gerombolan monyet-monyet Mba. Kayaknya ada monyet pendatang, terus masuk di satu kelompok dan mempengaruhi kelompok yang ada. Wah! Itu, dari belakang, mereka nyerang aku. Ada yang gelayut di badan dan kaki. Aku jalan aja terus, satu-satu lepas juga. Sampai bird hide aku minta di jemput temen-temen,”  dengan logat Jawanya, bersemangat menceritakan diserang monyet.

Sesampainya di ujung board walk. Tepat jam 10.00 pagi, matahari mulai mengintip dibalik awan. Tiga orang anak lelaki asyik membalik-balik gambar burung yang ada di Muara Angke sambil menghabiskan minuman mereka. Dibantu ibunya, mereka sedang mencari burung apa saja yang berhasil diamati.

Dan hasil pengamatan tanggal 31 Januari 2009 lalu, tercatat ada 20 jenis burung air  yang sering terlihat di tiga lokasi,  yaitu  di Taman Wisata Alam, Kali Angke dan  SM. Muara Angke. Pecuk padi hitam yang jadi primadona, tercatat ada  71 ekor yang berhasil dicatat peserta Bird Cencus 2009.

Masih banyak kelemahan dalam pengamatan. Misalnya, tidak mencatat waktu perjumpaan dengan tepat. Kemana arah burung-burung terbang. Ini untuk menghindari bias, supaya tidak tercatat dua kali. Kegiatan sensus burung air ini juga dilakukan di Aceh, Medan, Sulawesi dan Papua. Dan masih dikoordinir oleh Wetlands Internasional.

Rasanya belum puas mengamati. Karena tidak berhasil melihat si Mandar besar yang sering muncul dari balik gundukkan eceng gondok. Dan Bubut jawa yang statusnya rentan di alam. Mau berkunjung ke Suaka Muara Angke? Datang saja pada tanggal 14 Februari 2009 nanti. JGM akan mengadakan bersih sampah dengan tema “From Angke With Love”  bertepatan dengan Hari Valentine.

Jangan lupa bawa topi dan sepatu karet, karena akan membersihkan sampah di sela-sela pohon bakau dan pidada. Juga, bawa air minum, tapi jangan membuka bekal makanan di sekitar pohon Nipah. Khawatir gerombolan monyet menghampiri dan merebut makanan. Ya, monyet salah satu ancaman di SM. Muara Angke. [Irma Dana]

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024