Evaluasi Jam Masuk Sekolah

Fauzi Bowo Tak Keberatan Ada Tim Independen

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, tak keberatan jika ada tim independen yang mengevaluasi efektiviktas jam masuk sekolah pukul 06.30.

Gubernur hanya mengingatkan agar tim tersebut bekerja dengan standar yang jelas. "Yang penting kriterianya. Kalau kita menilai sesuatu harus ada tolok ukurnya, seperti ISO," kata dia kepada wartawan, Jumat 6 Februari 2009.  

Pernyataan itu menanggapi desakan Komisi Nasional Perlindungan Anak untuk membentuk tim independen. Tim ini dirasa perlu untuk mengevaluasi kebijakan jam masuk sekolah di Jakarta pukul 06.30.

Tim independen terdiri dari stakeholder pendidikan, pakar transportasi, ahli kesehatan dan psikolog. Tim melakukan survei kepada pelajar dan orangtua terkait jam belajar tersebut. Sesuai Pasal 10 UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, pendapat anak harus didengar.

Memajukan jam sekolah dari pukul 07.00 ke pukul 06.30 WIB merupakan solusi termutakhir yang ditempuh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengatasi kemacetan. Perubahan jam sekolah ini diikuti dengan pengaturan jam kerja karyawan di Jakarta sesuai zona wilayah.

Jam kerja pegawai negeri sipil pukul 07.30 WIB, sedangkan karyawan  swasta dibagi berdasarkan zana wilayah. Wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, masuk pukul 07.30 WIB. Wilayah Jakarta Barat dan Timur pukul 08.00 WIB, dan Jakarta Selatan pukul 09.00 WIB.

Berdasar hasil survei konsultan transportasi, PT Pamintori, pengaturan waktu masuk sekolah dan pekerja akan mengurangi kemacetan di Jakarta 6-14 persen.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024