Paskah: Tak Ada Potongan Belanja Negara

VIVAnews - Menneg PPN/Kepala Bappenas Paskah Suzetta menegaskan lagi pemerintah tidak akan mengubah anggaran belanja negara yang sudah ditetapkan dalam APBN 2009. Kebijakan itu diharapkanĀ  tidak akan membuat anggaran mengalami kontraksi.

"Satuan memang berubah namun kita tidak melakukan pemotongan," ujar Paskah di Bappenas, Jumat, 6 Februari 2009. Meski defisit APBN 2009 meningkat cukup besar dari sebelumnya namun pemerintah akan berusaha untuk tetap memenuhinya.

"Untuk menahan krisis kalau bisa kita malah tambah belanja," ujarnya. Namun bagi pemerintah yang terpenting adalah penggunaan dan efektivitasnya.

Sementara itu Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Anggito Abimanyu mengatakan defisit anggaran tidak akan ditambah. "Kita tidak melakukan pemotongan belanja dan defisit tidak ditambah," ujar Anggito.

Menurut Anggito, untuk meminimalisir dampak krisis pemerintah telah mengeluarkan kucuran dana berupa stimulus. Stimulus tersebut berupa belanja dan insentif berupa pemotongan pajak.

Menurutnya konsekuensi jika DPR meminta menaikkan belanja, maka pemerintah harus menambah defisit atau tambahan pembiayaan lain. "Jika permintaanya seperti ini, kita belum pikirkan. Mungkin pada waktunya nanti kita sampaikan ke Panitia Anggaran," ujar Anggito.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat
Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Pengakuan Jay Izdes, Bukti Sosok Ini Bukan Pemain Sembarangan di Timnas Indonesia

Dua pertandingan bersama Timnas Indonesia, sudah cukup bagi Jay Idzes mengetahui sosok ini bukan pemain sembarangan di Timnas Indonesia. Siapa dia?

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024