1200 Wisatawan Asing Akan Kunjungi Lombok

VIVAnews - Sebanyak 70 pramuwisata disiapkan untuk menyambut kedatangan 1200 wisatawan asing yang datang dari Eropa dengan menggunakan kapal Rotterdam, pada tanggal 24 Februari 2009  mendatang. Kapal tersebut, akan merapat di pelabuhan Lembar pada 24 Februaru pukul 07.00 Wita.

Berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan wisatawan itu sedang dilakukan. Salah satunya adalah memeriksa kawasan wisata yang akan didatangi seluruh wisatawan mancanegara itu. Wakil ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Ahmad Heri mengatakan sudah merekrut 70 pramuwisata yang akan memandu wisatawan tersebut.

"Kami sudah rekrut 10 orang yang menguasai bahasa Jerman dan 60 orang yang menguasai bahasa Inggris. Proses seleksi kami lakukan untuk menjaga imaje kepariwisataan NTB," kata Ahmd Heri kepada wartawan di Mataram Selasa 10 Februari 2009.

Terdapat beberapa lokasi wisata menjadi tujuan utama para wisatawan asal Amerika Serikat dan Jerman itu. Lokasi yang sudah ditentukan saat ini adalah kawasan wisata di Sukarara, Banyumulek dan kawasan pantai Kute.

Meski demikian kemungkinan besar wisatawan akan memadati kawasan Senggigi sebagai tempat singgah mereka. Sebab kawasan Senggigi dan kawasan wisata tiga gili yakni Gili Terawangan, Gili Air dan Gili Meno menjadi obyek wisata pilihan bagi wisatawan mancanegera.

Maka itu pihak penyelenggara sudah menyiapkan 30 bus dan 40 mobil untuk mengangkut wisatawan asing tersebut. "maka itu kami berharap masyarakat NTB benar-benar menjaga situasi NTB khususnya pulau Lombok. Kita tunjukkan keramah tamahan sebagai tuan rumah sebab ini adalah kesempatan emas untuk menarik perhatian mereka," ujar Akhmad.

Selain menyiapkan pemandu wisata terpilih, penyelenggara juga akan bekerjasama dengan pihak kepolisian setempat untuk mengamankan lokasi wisata yang akan dikunjungi oleh wisatawan mancanegera itu. Tidak hanya itu, berbagai event kesenian lokal hingga kerajinan asli NTB akan dipertunjukkan pada momentum tersebut.

Diharapkan dengan kedatangan wisatawan mancanegara itu wajah pariwisata NTB mulai berubah. Kedatangan 1200 wisatawan itu menjadi kegiatan pemanasan dalam menyambut event yang lebih besar yakni visit Lombok-Sumbawa pada 2012 mendatang.

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Setelah sehari berada di NTB, kapal Rotterdam itu akan melanjutkan perjalanannya ke Pulau Komodo dan ke Semarang Jawa Tengah.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Hadiri Akad Nikah Putri Gubernur Jambi

Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris

Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto bersama istri menghadiri akad nikah Esy Risdianti, putri sulung Gubernur Jambi Al Haris.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024