Standar Perjanjian AB-Nasabah Segera Diatur

VIVAnews - Sepuluh anggota bursa (AB) yang tergabung dalam komite disiplin PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengusulkan pembentukan standardisasi perjanjian antara AB dan nasabah. Usulan tersebut diajukan pada pertemuan BEI dengan komite disiplin hari ini.

Direktur Perdagangan Fixed Income dan Derivatif, Keanggotaan, dan Partisipan BEI, Guntur Pasaribu, mengatakan, standardisasi itu merupakan sarana untuk mengakomodasi peraturan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) serta bursa. Standardisasi bisa menjadi acuan untuk transaksi marjin dan short selling.

"Mereka mengusulkan bursa untuk memfasilitasi pembuatan standardisasi perjanjian," kata Guntur usai pertemuan dengan komite disiplin di gedung bursa efek, Jakarta, Rabu 11 Februari 2009.

Guntur menambahkan, ke depan BEI bisa memberi petunjuk untuk mengatur transaksi marjin dan short selling dalam perjanjian tersebut. Setiap anggota bursa bisa memperketat standar perjanjian yang disusun BEI.

Dia mengungkapkan, standardisasi perjanjian merupakan itikad baik dari perusahaan efek terhadap nasabahnya.

Pada pertemuan tersebut, Guntur menambahkan, BEI juga menyosialisasikan aturan marjin dan short selling yang akan diterapkan Mei 2009. Sosialisasi itu untuk mengantisipasi kemungkinan adanya celah yang dikhawatirkan dapat dimanfaatkan dari aturan tersebut.

"Ini dimaksudkan untuk kewaspadaan," kata dia.

Dia menambahkan, pihaknya meminta anggota bursa untuk mengkaji ulang aturan yang dibuatnya dengan nasabah lama. Hal itu bertujuan untuk menyesuaikan perjanjian model lama dengan aturan baru.

"AB bisa membuat amendemen peraturan baru sebagai kesepakatan dengan nasabah lama," ujarnya.

Komite disiplin merupakan salah satu mitra BEI. Selain komite itu, otoritas bursa memiliki komite lain, seperti perdagangan, pencatatan, serta audit.

Anggota komite sebanyak 10 anggota bursa yang pemilihannya berdasarkan pengajuan dari masing-masing direksi AB. Fungsi komite untuk memberi masukan dan rekomendasi kepada BEI.

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian
Persib Bandung Vs Borneo FC

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

Duel Persib Bandung vs Borneo FC dalam lanjutan Liga 1 matchday ke 33 di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis 25 April 2024, pukul 19.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024