Uji Kelayakan Hakim Konstitusi Dimulai

VIVAnews - Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat menggelar uji kepatutan dan kelayakan Hakim Konstitusi. Delapan calon akan bertarung untuk menduduki satu kursi Hakim Konstitusi yang kosong.

Tes ini digelar di Ruang Rapat Komisi Hukum di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 12 Februari 2009. Sidang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi Hukum, Soeripto, dan dihadiri 25 anggotanya.

Delapan calon yang akan dites Komisi Hukum yakni Adil Pranajaya, Dedy Isnatullah, Harjono, M Isnaeni Ramdhan, Patrialis Akbar, HM Ridhwan Indra, Sugianto, dan Taufiqqurrohman Syahuri. Adil Pranajaya mendapat giliran pertama melakukan proses wawancara dengan Komisi Hukum. Mereka akan ditanya mengenai tugas dan kewenangan dari Mahkamah Konstitusi.

Saat ini komposisi hakim konstitusi hanya berjumlah delapan orang. Satu kursi ditinggalkan Jimly Asshiddiqie yang mengundurkan diri pada Desember 2008. Jimly merupakan Hakim Konstitusi yang berasal dari unsur DPR.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024