Diet Sesuai Jam Biologis

VIVAnews - Tubuh memiliki ’alarm’ ketika merasa lapar. ‘Alarm’ tubuh yang dimaksudkan di sini adalah jam biologis atau jam tubuh. Dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu sesuai waktu makan, Anda bisa mengendalikan rasa lapar.

Berikut ini panduan makan sesuai perputaran jam biologis selama sehari. 

Pukul 07.00 – 09.00
Sarapan sama pentingnya dengan makan siang. Hanya, jumlah atau kebutuhan makan pagi tidak sebanyak makan siang. Sarapan buah-buahan memang praktis. Tapi, sebaiknya Anda juga mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat berserat, seperti roti gandum, dan sereal.

Selain itu, pilih yoghurt untuk sarapan. Kandungan asam amino tyrosine, tryptophan, dan phenylalanine di dalamnya bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Pukul 09.00 – 12.00
Hati-hati, pada jam-jam ini, hasrat ngemil cukup tinggi. Bila Anda ngemil cokelat dan makanan manis lainnya, energi untuk siang hari bisa tersedot. Cara terbaik agar otak bisa terus bekerja, perbanyaklah minum air putih. Dehidrasi bisa menurunkan kinerja beberapa organ tubuh, terutama otak, ginjal, dan kulit. Tambahan cairan untuk tubuh, selain dari air putih, juga bisa dari jus buah, teh, kopi, atau susu.

Pukul 12.00 – 18.00
Untuk menaklukkan rasa kantuk, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat saat makan siang. Hal ini bisa mendongkrak seretonin, yang bisa membuat tubuh lemas..

Sebaiknya, makanan yang kaya kandungan protein, seperti daging merah, daging ayam, dan ikan laut seperti sarden, di tambah kacang polong, menjadi pilihan makan siang. Barengi dengan minum jus buah. Agar energi yang terkuras setelah bekerja bisa terdongkrak lagi, cokelat hangat bisa menjadi stimulan agar tubuh kembali segar.

Pukul 18.00 – 21.00
Pada malam hari, daya kerja lambung melambat. Jadi, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan sedikit lemak. Misalnya, salmon yang dipadu dengan sayuran dan buah-buahan. Jumlah porsi makan juga jangan berlebihan. Karena, bila kekenyangan di malam hari, dapat mengakibatkan saluran pencernaan makanan bekerja keras, dan perut terasa penuh sekaligus kembung.

Pukul 21.00 – hingga pagi hari
Pada jam-jam ini, tubuh kita sedang beristirahat, namun sel-sel dalam tubuh justru sedang sibuk mengolah makanan yang sudah dicerna untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Jika Anda sulit tidur, segelas susu hangat bisa meningkatkan serotonin. Yaitu, zat di otak yang berhubungan dengan saraf, yang bisa membuat Anda lebih relaks. Jika Anda ingin ngemil, makanlah buah yang mudah dicerma tubuh, sehingga tidak mengganggu proses metabolisme.



Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza
Mak Vera.

Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam

Bahkan setiap tahun, Mak Vera selalu datang ke makam Olga Syahputra untuk kirim doa tepat di hari lahirnya yakni 8 Fabruari dan hari meninggalnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024