Taman Ayodya Dibidik Jadi Area Wisata 'Bule'

VIVAnews - Pemerintah Kotamadya Jakarta Selatan akan menjadikan Taman Ayodya sebagai tujuan wisata alternatif. Tak hanya bagi wisatawan domestik tapi juga ekspatriat yang bermukim di Jakarta Selatan.

Ada sekitar 5.000 ekspatriat yang bermukim di kawasan itu. "Makanya kami manfaatkan Taman Ayodya untuk mereka saling melakukan interaksi sosial," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata Jakarta Selatan, AZ Harahap, seperti dikutip situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kamis 26 Februari 2009.

Untuk mewujudkannya, Suku Dinas Pariwisata akan bekerja sama dengan Suku Dinas Pertamanan. Suku Dinas Pertamananan akan mengelola taman sebagai ruang terbuka hijau, sedangkan Suku Dinas Pariwisata akan menggarap sektor hiburannya. 

Harahap akan menciptakan konsep taman sebagai tempat rekreasi yang terbuka bagi setiap komunitas untuk datang dan singgah. "Sejumlah taman di luar negeri hal semacam itu sudah terjadi," ujarnya. "Kami ingin pemanfaatan fungsi taman secara maksimal yang memiliki nilai ekonomis bagi sebuah kota."

Taman seluas sekitar 7.000 meter persegi itu dilengkapi dengan panggung teater, bangku tribun, lintasan lari, toilet, dan berbagai ornamen taman. Meski baru akan diresmikan awal Maret, taman ini dapat diakses warga sejak awal Januari lalu.

Taman Ayodya yang terletak di Jalan Barito, Jakarta Selatan, dulunya dikelilingi Pasar Bunga dan Ikan Hias Barito. Para pedagang di pasar itu sudah digusur sejak Januari tahun lalu. Dana pembangunan taman ini mencapai Rp 2,1 miliar.

Pembangunan taman ini termasuk dalam rencana penambahan ruang terbuka hijau di Jakarta. Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah sampai 2010, Ibu Kota wajib memiliki 13,94 persen ruang terbuka hijau. Selain Taman Ayodya, Dinas Pertamanan DKI Jakarta juga segera merealisasikan pembangunan Taman Tebet senilai Rp 1,3 miliar dan Taman Karang Tengah senilai Rp 1 miliar.

TERPOPULER: Ramalan Zodiak Hingga Anemia Aplastik yang Diderita Babe Cabita
Tukang kopi berjualan naik sepeda

Pengemudi yang Gagal Drift hingga Tabrak Starling dan Ojol Diamankan Polisi

Polisi amankan pengemudi mobil yang tabrak pedagang kopi keliling atau starling lantaran gagal melakukan aksi drift di kawasan Pondok Indah.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024