Copa Indonesia

Macan Kemayoran Buka Peluang ke 8 Besar

VIVAnews - Persija Jakarta melalui leg 1 babak 16 besar Copa Indonesia 2008/2009 dengan hasil memuaskan. Bertanding di Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis 26 Februari 2009, Persija menang 3-0.

Bambang Pamungkas menjadi pahlawan Macan Kemayoran pada pertandingan ini. Striker tim nasional itu mencetak dua gol masing-masing menit ke-44 dan 64. Sedangkan satu gol lagi dicetak oleh Robertino Pugliara menit ke-81.

Berkat kemenangan ini, langkah Persija menuju babak 8 besar semakin ringan. Saat bertandang ke markas Persiba pada leg 2 yang akan digelar 11 Maret 2009, Macan Kemayoran hanya butuh menghindari kekalahan dengan selisih tiga gol.

Tampil dengan duet Aliyudin-Bambang Pamungkas, Persija sempat kesulitan menembus barisan pertahanan Persiba. Serangan yang dibangun lewat satu dua sentuhan selalu kandas di kaki lawan.

Persija coba mengoptimalkan peran kedua sayapnya. Namun, umpan crossing dari kaki Ismed Sofyan dan Danan Puspita masih bisa dipatahkan oleh barisan pertahanan Beruang Madu yang digalang oleh Mijo Dadic cs.

Aliyudin mendapat kesempatan emas di menit 42, memanfaatkan kemelut di depan gawang Persiba yang dijaga oleh Deny Marcel. Sayangnya, tandukan striker bertubuh mungil itu masih melebar di sisi kanan gawang Persiba.

Kebuntuan baru terpecahkan saat pertandingan memasuki injury time babak pertama. Berawal dari tendangan keras Greg Nwokolo yang membentur mistar gawang, BP berhasil memaksimalkannya menjadi gol lewat tandukan keras ke sisi kiri Deny. Skor 1-0 ini bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Persija langsung menggempur barisan pertahanan Persiba. Hasilnya, saat pertarungan memasuki menit ke-60, Macan Kemayoran berhasil menciptakan peluang emas lewat kaki Aliyudin.

Aksinya mengecoh pemain bertahan lawan membawanya hingga ke dalam kotak penalti dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Persiba, Deny. Sayangnya, tendangan mantan pemain Persikota Tangerang itu masih melebar di sisi kiri gawang Persiba.

Tak lama berselang, Persija kembali mengancam gawang Persija. Kali ini lewat kaki gelandang serang Agus Indra Kurniawan. Namun, lagi-lagi gol gagal tercipta karena bola hanya membentur mistar gawang dan mendarat di pelukan Deny.

Bambang akhirnya berhasil menambah keunggulan tuan rumah lewat gol yang dicetaknya pada menit ke-64. Memanfaatkan kesalahan penjaga gawang Persiba dalam mengantisipasi umpan silang Aliyudin, Bambang berhasil merobek jala Persiba lewat tendangan kaki kanan.

Robertino Pugliara menambah kemenangan Persija menjadi 3-0. Gelandang serang asal Argentina itu mencetak gol cantik di menit ke-81. Memanfaatkan umpan dari bek Abanda Herman, Robertino berhasil melancarkan tendangan first time yang gagal dibendung Deny.

Persiba coba mengejar ketertinggalannya di sisa waktu yang ada. Namun, satu-satunya peluang emas Persiba di babak kedua yang tercipta di menit 88 tak berbuah gol.

Tendangan keras Adrian Trinidad masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Persija yang dijaga Hendro Kartiko. Skor pun tetap bertahan 3-0 untuk Persija.

Susunan Pemain
Persija Jakarta (4-4-2):
Hendro Kartiko; Aris Indarto, Abanda Herman, Danan Puspito/Supriono, Ismed Sofyan; Greg Nwokolo, Ponaryo Astaman, Robertino Pugliara, Agus Indra (kk)/Melky Pekei; Aliyudin/I Wayan Mudana, Bambang Pamungkas.
Pelatih: Danurwindo

Persiba Balikpapan (4-4-2): Deny Marcel; Mijo Davic, Jupri Samad, Muhamadan, Sony Kurniawan (kk)/M Sobran; Zainul/Verly La'Ala, E Liu, A Toufik/Ruly Soputan, Sultan Sama; Adrian Trinidad, Talaohu Abdulmushafry.
Pelatih: Haryadi

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan
Singapore Tourism Board Memperbaharui Kemitraan dengan GDP Venture

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Hasil dari kerjasama ini, ia akan mendorong kuat minat para wisatawan Indonesia untuk berwisata ke Singapura.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024