Tusuk Profesor, Mahasiswa Bunuh Diri

Sang Dosen Menyesal Tak Bisa Bantu David

VIVAnews - Profesor Chan Kap Luk, pengajar di Nanyang Technological University (NTU) yang Senin kemarin ditikam mahasiswanya, adalah dosen pembimbing David Hartanto Widjaja. Dia adalah mahasiswa Indonesia yang diduga menikam Chan.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

Sebelum menikam dosennya, David sedang menjalani bimbingan tugas akhir dengan Chan. Seperti dilaporkan laman Channel News Asia, mahasiswa berusia 24 tahun tersebut tampak menghadapi kesulitan untuk meraih standar kelulusan.

Rektor NTU, Su Guaning, mengungkapkan bahwa David adalah mahasiswa yang sangat pintar. Meski, pada saat-saat terakhir sebelum mengakhiri hidupnya, nilai akademik David menurun, prestasinya masih berada di atas rata-rata.

Su mengatakan kalau Chan pernah mengungkapkan penyesalannya karena dia tidak dapat membantu mendongkrak prestasi mantan ketua klub olahraga Jurusan Teknik Elektronik NTU sebelum peristiwa memilukan tersebut terjadi.

Su berharap agar kejadian semacam itu tidak akan terjadi lagi di masa mendatang. "Yang dibutuhkan adalah sistem pendampingan. Kami sudah mulai menyikapinya dengan meminta bagian Urusan Kemahasiswaan untuk menyediakan banyak konsultan untuk terus mengawasi mahasiswa yang memiliki berbagai masalah," kata Su. 

"Sayangnya, mahasiswa tidak pernah menunjukkan masalah-masalah mereka. Kami akan meninjau kembali sistem agar kami dapat merangkul mahasiswa-mahasiswa dengan masalah tertentu, meski mereka jarang bersosialisasi dengan teman-temannya," ungkap Su.

Menurut laman resmi NTU, David sedang menyelesaikan tugas akhir dengan judul "Multiview acquisition from Multi-camera configuration for person adaptive 3D Display", dengan dosen pembimbing, Chan Kap Luk.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, mahasiswa teknik Nanyang Technological University asal Indonesia bernama David Hartanto Widjaja dilaporkan menusuk profesornya. Setelah itu dia melompat dari lantai lima gedung, dan tewas.

Hari ini, tim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura, akan mengunjungi tempat penyimpanan jenazah David yang terletak di wilayah Jurong. Demikian ungkap Koordinator Fungsi Protokoler dan KBRI di Singapura, Achmad Jatmiko, saat dihubungi VIVAnews melalui sambungan telepon, Senin 2 Maret 2009.

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian
Ilustrasi game changer.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Game changer merupakan istilah yang mengacu pada perubahan atau inovasi yang mendasar dalam industri atau pasar yang mengubah dinamika yang ada dan ciptakan standar baru.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024