Ratusan Buruh Demo, Bundaran HI Macet Total

VIVAnews - Sekitar 500 orang lebih menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Bundaran Hotel Indonesia. Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Jalan Sudirman menuju Istana Negara mengalami kemacetan yang luar biasa.

Pantauan VIVAnews di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Rabu, 29 Oktober 2008, sekitar pukul 11.13 WIB, ratusan massa berjejelan memenuhi ruas Jalan Sudirman, Jakarta Selatan.

Massa yang berasal dari Federasi Serikat Pekerja Metal (FSPMI) itu menutupi ruas jalan utama menuju Istana Presiden. Dalam aksinya, massa menuntut pencabutan Surat Keterangan Bersama (SKB) empat menteri dan pengusaha.

Akibat demo tersebut, jalur lambat dan jalur cepat ruas Jalan Sudirman mengalami macet parah. Kendaraan yang bisa melenggang hanyalah Bus Transjakarta. Massa juga membentangkan spanduk dan poster yang mengecam penerbitan Surat Keterangan Bersama empat menteri itu.    

Menteri Perindustrian Fahmi Idris telah menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP). Surat ini sebagai pembaruan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Dalam Surat yang ditandatangani Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Dalam Negeri Mardiyanto, dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparni ini, memungkinkan penentuan upah minimum berdasarkan kesepakatan antara pengusaha dengan serikat pekerja.

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS
Ilustrasi petugas PT KAI [dok. PT KAI]

PT KAI Buka Lowongan Kerja Syarat Minimal IPK 3,5, Netizen Heboh

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI membuka lowongan kerja untuk management trainee dengan tingkat pendidikan S1. Pendaftaran dibuka mulai 17-22 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024