Jembatan Bosphorus Resmi Beroperasi

VIVAnews - Pada 30 Oktober 1973, Pemerintah Turki meresmikan pengoperasian Jembatan Bosphorus I yang menghubungkan Eropa dan Asia. Jembatan ini membentang sepanjang 1,7 km di atas Selat Bosphorus yang memisahkan Istanbul (dulu, Konstantinopel) dari daratan Asia Kecil. Selama berabad-abad, berbagai bangsa silih berganti menyeberangi selat ini untuk pergi ke Eropa atau Asia.

Jembatan Bosphorus I atau Bogazici dibangun di daerah Ortakoy, Eropa dan Beylerbeyi, Asia. Jembatan ini menggunakan model suspensi dengan tiang baja. Lebar deknya 39 m dan ketinggiannya dari permukaan laut 64 m. Saat ini, Bogazici merupakan jembatan suspensi terpanjang nomor 15 di dunia.  

Keputusan membangun jembatan di atas Selat Bosphorus diambil pada tahun 1957 oleh PM Adnan Menderes. Jembatan mulai dibangun pada Februari 1970 dalam sebuah acara yang dihadiri Presiden Cevdet Sunay dan PM Suleyman Demirel. Sekitar 35 insinyur dan 400 pekerja bahu-membahu membangun jembatan tersebut. Jembatan Bosphorus diresmikan Presiden Fahri Koruturk dan PM Naim Talu hanya sehari setelah perayaan kemerdekaan Turki ke-50. Pembangunan jembatan ini menelan biaya US$200 juta.

Verrell Bramasta Pamer Momen Liburan ke Jepang, Boyong Ibunda Usai Lebaran
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman

TKN Prabowo-Gibran Yakin MK Tolak Permohonan Anies dan Ganjar

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman meyakini Mahkamah Konstitusi (MK) bakal menolak permohonan perkara perselisihan hasil pemilu (PHPU)

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024