BI: Meski Dolar 15.000, Bank Masih Kuat

VIVAnews- Bank Indonesia telah melakukan stress test terhadap risiko pasar yang terjadi terhadap kondisi perbankan nasional.

Hasil stress test itu menunjukkan kendati depresiasi nilai tukar rupiah sampai Rp 5000 atau mencapai Rp 15.000 per dolar AS, kondisi perbankan masih kuat menyerap kerugian yang terjadi.
 
"Jadi, meski kurs rupiah tembus 15.000 perbankan masih tahan," ujar Direktur Pengaturan dan Penelitian Perbankan BI Halim Alamsyah di Jakarta, Rabu, 5 November 2008.

Menurut dia, dengan depresiasi sebesar itu, tidak terdapat bank yang rasio cukupnya modal (CAR) akan turun hingga di bawah 8 persen. Itu berarti kondisi permodalan bank di Indonesia masih kuat menghadapi gejolak nilai tukar.

Halim mengatakan stress test itu dilakukan untuk mengantisipasi ketahanan sektor perbankan, dengan mencoba beberapa skenario terburuk. Tiga perhitungan adalah nilai tukar, harga surat utang negara dan suku bunga. Ketiga indikator itu menjadi jalur utama apabila terjadi gejolak di pasar keuangan domestik.
 
Risiko pasar lainnya adalah dengan penurunan SUN 25% terdapat satu bank yang CARnya menjadi kurang 8%.
 
Jumlah portofolio SUN yang dipegang perbankan sampai September 2008 mencapai Rp 275,1 triliun atau turun Rp400 miliar dibanding dengan posisi Agustus 2008 sebesar Rp 275,4 triliun.

Tekanan penurunan harga SUN yang semakin besar menyebabkan perbankan mengalihkan portofolio SUN menjadi hold to maturity, sehingga dominasi SUN jenis itu menjadi 50,6%.
 
Sedangkan untuk fluktuasi suku bunga, stress test kenaikan suku bunga 100 basis poin akan menurunkan CAR rata-rata 23 basis poin. Sementara kenaikan suku bunga 200 basis poin hanya terdapat satu bank dengan CAR menjadi di bawah 8%.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024