Korupsi di Jawa Barat

Danny Setiawan Ditahan di Mabes Polri

VIVAnews - Mantan Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan akhirnya juga ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi. Danny diduga terlibat dalam kasus pengadaan alat berat dan pemadam kebakaran (damkar) di Provinsi Jawa Barat.

Danny keluar dari Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Senin, 10 November 2008 setelah diperiksa sekitar delapan jam sejak pukul 10.00 WIB. "Saya hari ini diperiksa sebagai tersangka," ucap Danny singkat sebelum masuk ke mobil tahanan dan diantar ke ruang tahanan Badan Reserse Kriminal Markas besar Kepolisian RI.

Selain Danny, komisi juga telah menetapkan mantan Kepala Biro Perlengkapan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Wahyu Kurnia, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat Ijudin Budhyana, dan rekanan pengadaan Yusuf Setiawan sebagai tersangka. Yusuf Setiawan juga sudah dititipkan ke ruang tahanan Markas Kepolisian Resor Jakarta Pusat.

Pengadaan mobil pemadam kebakaran didasarkan pada radiogram yang ditandatangani Dirjen Otonomi Daerah Oentarto Sindung Mawardi yang kini juga sudah menjadi tersangka. Radiogram itu terbit pada 13 Desember 2002.

Radiogram yang dikirimkan ke sejumlah provinsi itu menyebutkan pengadaan mobil pemadam kebakaran dengan jenis tertentu yang hanya diproduksi oleh PT Istana Sarana Raya dan PT Satal Nusantara, milik Hengky Samuel Daud. Hingga kini, Hengky masih buron.

Mengenai radiogram ini, pengacara Danny, Abidin menyatakan pengadaan tidak didasarkan pada radiogram. Namun sesuai dengan disposisi dari Gubernur Jawa Barat tahun 2003-2004, Nuriana. "Saat itu posisi klien saya masih sekretaris daerah.

Abidin menyatakan pihaknya tidak akan mengajukan penangguhan penahanan terhadap kliennya. "Kami menerima penahanan ini," tutupnya.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel
Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024