Upah Buruh di Subang Naik 8,5 persen

VIVAnews- Pemerintah Kabupaten Subang akan menaikan upah minimum kabupaten/kota sebesar 6,5-8,5 persen, dan baru akan direalisasikan tahun 2009.

Kepastian adanya kenaikan UMK tersebut didapat setelah penetapan keputusan rapat yang digelar Dewan Pengupahan Kabupaten Subang. Dalam rapatnya, Dewan Pengupahan juga melibatkan pihak terkait seperti, Perguruan Tinggi, Apindo, SPSI dan tokoh dari pakar. 

Rapat tersebut sempat beberapa kali mengalami deadlock. Namun dalam rapat yang digelar Selasa, 11 November 2008 kemarin, lima element tersebut akhirnya bisa menyepakati adanya kenaikan UMK Subang.

"Dalam rapat Dewan Pengupahan disepakati adanya kenaikan sebesar 6,5% untuk kelas  garmen dan 8,5% untuk usaha umum. Hasil ini selanjutnya akan kita rekomendasikan ke Gubernur untuk dilakukan penetapan," ujarnya Sekretaris Dewan Pengupahan, Oo Irtotolosi, Rabu, 12 November 2008.

Dikatakan Oo Irtotolosi, pada tahun ini gaji yang diterima oleh karyawan garmen sebesar Rp. 630 ribu, sementara karyawan usaha sebesar Rp 865 ribu. Angka kenaikan tersebut melebihi dari UMK Provinsi yang hanya sebesar Rp. 629 ribu.

Menurut dia, adanya perbedaan gaji antara karyawan usaha dan karyawan garmen, lebih disebabkan pengaruh Krisis Global dunia dewasa ini. pihak perusahaan garmen menghadapi permasalahan yang disebabkan meningkatnya harga bahan garmen disatu sisi.
 
Sementara di sisi lain, Amerika, yang menjadi Negara tujuan ekspor produk garmen, karena pengaruh krisis tersebut, sekarang tidak mau menerima lagi. Hal ini yang menyebabkan sempat terjadinya deadlock pada rapat-rapat sebelumnya.

"Satu sisi perusahaan diminta memperhatikan kesejahteraan  karyawannya. Disisi lain, krisis global mempengaruhi produk (garmen) tersebut. Situasi inilah yang menyebabkan terjadinya deadlock pada rapat-rapat sebelumnya," jelas Sekretaris Dewan Pengupahan sekaligus Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Subang ini.

Laporan: Inin Nastain/Subang.

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme
ilustrasi sholat/salat/shalat

Cara Sholat Hajat dan Doa Rasulullah SAW untuk Mengatasi Masalah

Manusia kerap dihadapkan dengan berbagai masalah dan ujian yang terasa berat. Dalam situasi ini, salah satu cara untuk memohon pertolongan Allah SWT dengan sholat hajat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024