Imbas Krisis Global

Kredit Mobil Mulai Seret

VIVAnews - Krisis ekonomi global mulai dirasakan sektor pembiyaan (multifinance). Pembiayaan untuk otomotif mengalami penurunan sejak September 2008. Bahkan kuartal keempat 2008 terjadi penurunan hingga 20 persen.

Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) juga memperkirakan kinerja sektor multifinance pada 2009 akan turun sebesar 20 persen. Bahkan jika tidak ada pertumbuhan ekonomi sepanjang 2009 bisa turun 30-40 persen.
 
"Turun 20 persen jika krisis ekonomi dapat pulih pada semester dua 2009," kata Ketua APPI Wiwie Kurnia di Jakarta, Rabu 12 November 2008.
 
Menurutnya sektor multifinance sudah terkena dampak krisis sejak September, namun pada kuartal empat 2008 sektor multifinance turun 20 persen, baik dari sisi permintaan maupun pembiayaan. Pada awal tahun 2008, total pembiayaan mencapai Rp 110 triliun, dan per Agustus 2008 tumbuh 15 persen mencapai Rp 127 triliun. Angka itu jauh dari target akhir tahun sebesar Rp 140 triliun.
 
Pada Juli 2008 lalu, kinerja multifinance masih tumbuh besar, karena penjualan otomotif menembus rekor tertinggi. Saat itu data penjualan mobil mencapai 60.830 unit. Namun pada Agustus meluncur tinggal 58.487 unit dan September 55.291.

Beberapa tanda krisis ekonomi dalam multifinance ditandai dengan likuiditas yang mengetat, bunga naik secara signifikan dari 8 persen menjadi 9,5 persen, dan melemahnya permintaan terhadap produk.
 
Adanya pelemahan permintaan atas produk otomotif dan elektronik disebabkan turunnya harga kelapa sawit dan komoditas lainnya, naiknya harga mobil dan motor, turunnya ekspor produk non migas seperti kerajinan, furniture, dan turunnya kegiatan produksi karena turunnya permintaan.
 
"Permintaan atas alat berat juga melemah karena turunnya kegiatan eksplorasi dan penumpukan stok alat berat," kata dia.
 
Hal tersebut menyebabkan multifinance mengambil langkah pengurangan kredit untuk menghindari kredit macet dan melakukan efisiensi di segala bidang.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024