Depkeu Ancam Pemda Soal Dana Alokasi Khusus

VIVAnews - Penyerapan dana alokasi khusus baru mencapai 77,4 persen atau Rp 16,4 triliun dari total Rp 21 triliun. Sudah ada 17 daerah yang sudah selesai empat tahap pencairan dana.
 
"Yang belum terserap Rp 2,1 triliun," kata Dirjen Perimbangan Keuangan Daerah Mardiasmo di Jakarta, Selasa, 2 Desember 2008. Artinya, yang baru tersalurkan hanya 90 persen dari total dana. Namun, dia meragukan hingga akhir tahun pencairan bisa mencapai 100 persen.

Mardiasmo mengingatkan dana itu akan hangus jika Pemda terlambat mengajukan kepada Departemen Keuangan. Departemen Keuangan akan tegas untuk mendidik Pemda agar disiplin.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Paling lambat 15 Desember, proposal dana alokasi khusus sudah harus diajukan. "Kami akan tegas, Pemda yang belum selesai, ya dananya hangus," kata dia.
 
Meski meminta dipercepat, dia mengingatkan pemakaian dana tersebut akan diaudit melalui Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Ada beberapa daerah yang hingga akhir Desember pembangunan fisiknya sudah selesai tapi belum dibayarkan.

"Dana Rp 2,1 itu akan dipakai menutup pembangunan fisik yang belum selesai di daerah tapi dananya tertunda."

Chandrika Chika

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Usai resmi ditahan, orangtua Chandrika Chika langsung menjenguk sang putri. Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry, mengungkapkan bahwa anaknya dalam keadaan yang baik.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024