Lebihi Kapasitas, LP Cipinang Minta Tanah

VIVAnews - Pengurus lembaga pemasyarakatan Kelas I Cipinang Jakarta tengah mengharapkan ada bantuan berupa tanah dari Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta. Saat ini, penghuni penjara yang terletak di Jakarta Timur itu sudah melebih kapasitas.

Menurut Kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas I Cipinang, Haviluddin, kapasitas penjara Cipinang adalah 1380 orang. "Sekarang penghuninya hampir mencapai 2700 orang," kata dia, Senin 8 Desember 2008.

Saat ini, ia mengungkapkan tahanan dan narapidana terpaksa disatukan jadi satu sel. Bahkan, kata dia, satu sel berisi dua kali lipat dari jumlah penghuni normal. "Kalau ada sel yang kapasitasnya tiga, terpaksa diisi oleh enam orang," jelasnya.

Hal itu juga berpengaruh pada pengamanan karena jumlah aparat pengamanan saat ini ada sekitar 160 orang personil dan berbanding 1:70 dengan jumlah tahanan. "Ideal kan 1:20," tambahnya.
 
Oleh karena itu bantuan dari Pemda DKI diharapkan untuk menyelesaikan masalah itu. "Kalau bisa ada tanah, nantinya DKI itu hanya untuk rutan (rumah tahanan) saja," kata dia.

Usai menjadi khotib di lembaga pemasyarakatan Cipinang, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Agung Laksono menyatakan akan memperjuangkan masalah kapasitas tersebut melalui dewan.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension
Ilustrasi pelaku

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Polisi telah menangkap sopir taksi online yang menodong dan melakukan pemerasan terhadap penumpang wanitanya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024