Anggaran Belanja PTPN Rp 31 Triliun

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melaporkan anggaran belanja seluruh PT Perkebunan Nusantara pada 2009 mencapai Rp 31 triliun. Nilai tersebut terdiri dari investasi rutin dan pengembangan perusahaan sebesar Rp 11 triliun dan belanja operasional atau operational expenditure perusahaan Rp 20 triliun.

"Angka-angka tadi baru berupa usulan dari direksi, karena rencana kerja dan anggaran perusahaan BUMN belum final," ujar Deputi Kementerian Negara BUMN Bidang Perkebunan dan Agrobisnis Agus Pakpahan di kantornya, beberapa waktu lalu.

Menurut Agus, sebagian besar belanja modal (capital expenditure) 2009 akan digunakan untuk penanaman kembali kelapa sawit dan karet, karena umur tanaman di perkebunan negara umumnya sudah tua.

Anggaran tersebut juga akan dialokasikan merevitalisasi pabrik gula serta perbaikan pabrik-pabrik di semua PTPN. Pemerintah telah menganggarkan dana revitalisasi pabrik gula selama 2010-2011 sebesar Rp 8 triliun.

Sumber pendanaan seluruh biaya investasi tersebut berasal dari kas internal dan pinjaman. Diperkirakan nilai pinjaman mencapai 80 persen, namun masih tergantung hasil kajian perbankan.

"Nanti akan ada feasibility studies, karena tingkat suku bunga sering berubah. Terkadang pendanaan dari internal lebih menguntungkan dan kadang menggunakan dana bank juga bisa untung," kata Agus.

Laba bersih perusahaan Perkebunan Nusantara tahun depan kemungkinan mencapai Rp 1,8-2 triliun, atau lebih rendah dibandingkan tahun ini yang mencapai Rp 3 triliun. Kontribusi terbesar pendapatan berasal dari Perkebunan Nusantara III dan IV dari 14 Perkebunan Nusantara dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). Penurunan laba bersih terutama disebabkan harga komoditas kelapa sawit yang terus merosot.

Mengenai rencana go public sejumlah Perkebunan Nusantara, Agus menilai kondisi pasar modal tahun depan masih kurang mendukung. "Kalau menjual saham sekarang harganya murah, sehingga kami harus mencari momentum lain," ujarnya.

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5
Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024