Logistik Pemilu 2009

Surat Suara Dicetak Mulai 2 Februari

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum memastikan surat suara Pemilu mulai dicetak Senin, 2 Februari 2009. Kini, Komisi sedang memastikan validitas surat suara dengan mengundang Komisi Pemilihan Propinsi dan Kabupaten/Kota.

"Tanggal dua itu, pencetakan awal. Nanti divalidasi lagi, baru dicetak massal," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum, Abdul Hafiz Anshary, di Kantor Komisi, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, 30 Januari 2009.

Validasi itu berlangsung sejak Kamis, 29 Januari 2009 sampai Sabtu, 31 Januari 2009. Validasi itu untuk surat suara DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. "Itu untuk mengecek ulang nama calon anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang tercantum dalam surat suara," kata dia.

Validasi itu dilaksanakan bergelombang. Gelombang pertama, pada Kamis, meliputi Jawa dan Kalimantan. Kemudian Jumat, untuk daerah Sulawesi dan wilayah Indonesia timur. "Besok, Sumatera. Kemudian Minggu untuk daerah-daerah yang tercecer," ujarnya.

Untuk surat suara anggota DPR RI, sudah divalidasi dengan mengundang parpol pada Sabtu, 24 Januari lalu. Namum, ketika itu ada beberapa partai yang mengeluh. Ada calon legislator yang tidak tercantum di surat suara. Padahal, ada di Daftar Calon Tetap (DCT).

Kejadian itu menimbulkan protes. Beberapa partai tidak mau membubuhkan paraf. Salah satunya, Partai Hanura. Menurut Wakil Sekjen Hanura, Saleh Husin, caleg Hanura di Dapil Banten I nomor 2, tidak tercantum.

Endang Sulastri, anggota Komisi menjawab hal itu karena kesalahan teknis. Pasca DCT diumumkan, ada beberapa parpol yang mengeluh karena salah nama. Nah, ketika perbaikan itulah, ada beberapa yang terhapus. "Sekarang, masalah itu selesai, parpol sudah memberi paraf semua," kata dia.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024