Tangkal Sakit Perut dan Flu dengan Yogurt

VIVAnews -- Bila Anda berbadan tambun, terserang flu, sekaligus sedang sakit perut, ada baiknya minum yogurt. 

Boleh jadi, yogurt merupakan obat mujarab bagi seluruh keluhan di atas.

Tak hanya mampu mengikis bobot tubuh, yogurt diklaim juga bisa meredakan flu, sekaligus menangkis sindrom iritasi usus.

Pasalnya, yogurt mengandung unsur-unsur yang terdapat pada suplemen-suplemen diet, seperti probiotik dan prebiotik. Keduanya bisa saling melengkapi dan berjalan berkelindan untuk memperbaiki sistem dalam usus.

Probiotik bermanfaat menambah jumlah bakteria yang diperlukan oleh usus, sementara prebiotik berfaedah menyediakan makanan bagi bakteri-bakteri yang sudah ada di usus, seperti zat tepung yang juga bisa dijumpai pada pisang, daun bawang, asparagus atau chicory.

Hasil penelitian terkini mengatakan bahwa keberadaan 'bakteri baik' di dalam usus akan berguna melawan berbagai penyakit alergi, seperti eksim maupun asma.

Bahkan, temuan ilmuwan dari Institute of Food Research, juga mengklaim bahwa probiotik bisa menambah imunitas terhadap serbuk sari tumbuhan yang biasanya menjadi pemicu demam flu. 

Sistem pencernaan memang terkait erat dengan kekebalan tubuh. Sebab, beberapa bagian sistem pertahanan tubuh berada di dalam usus.

Kumpulan Ucapan Idul Fitri dari Klub Premier League dan Serie A

Pencernaan yang baik, akan dapat menambal 'usus yang bocor', yaitu usus yang membiarkan protein-protein penyebab alergi dari pencernaan, merembes ke aliran darah.

Claire Williamson dari British Nutrition Foundation, mengungkapkan bahwa probiotik mampu menstabilkan kondisi usus yang tak seimbang, akibat konsumsi antibiotik.

Probiotik juga dapat membantu mengatasi irritable bowel syndrome (IBS) serta masalah-masalah sembelit, diare, keram, serta kelelahan. 

Namun hati-hati, hampir sebagian suplemen probiotik yang beredar tidak mampu memenuhi klaim-klaim khasiat yang tertulis di label mereka. 

Menurut Profesor Mikrobiologi pada Universitas Readings, Glenn Gibson, seharusnya satu dosis probiotik mengandung sedikitnya 10 juta bakteri, untuk memastikan jumlah bakteri yang bisa selamat sampai di usus, melalui asam-asam yang terdapat di dalam perut.

Sementara Claire Hanike, seorang ahli diet asal RS St George London, mengatakan, paling tidak tiap suplemen probiotik harus mengandung setidaknya satu miliar bakteri. 

Bila tidak, suplemen-suplemen itu tak akan terlalu mujarab bagi masalah usus Anda. Nah, daripada ragu-ragu, lebih baik Anda menenggak yogurt saja.

Soal Megawati Apakah ke Open House Presiden Jokowi, PDIP Jawab Begini
Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah

PDIP Isyaratkan Megawati Bertemu Prabowo Tunggu Hari Baik

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarno Putro dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto santer diisukan bakal bertemu setelah Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024