Izin Bangun Rusun

REI Minta Peraturan Gubernur Segera Keluar

VIVAnews - Pengusaha yang terhimpun dalan Real Estate Indonesia (REI) meminta agar peraturan gubernur (pergub) menyangkut perizinan apartemen bersubsidi di Provinsi DKI Jakarta segera keluar. Sehingga, para  pengusaha properti segera menindaklanjutinya.

"Bapak gubernur DKI berjanji, Pergub akan dikeluarkan minggu ini dan kami akan menerima apapun keputusannya," kata Ketua DPP REI Teguh Satria kepada VIVAnews di Jakarta, Senin, 9 Februari 2009.

Teguh mengatakan, semua usulan menyangkut teknis dari REI sudah disampaikan pada gubernur DKI dan hasilnya bisa saja di terima, di tolak, atau disertai dengan beberapa ketentuan lainnya.

Pertemuan yang berlangsung antara Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berserta staf yang menangani perumahan dengan DPP REI dan DPD REI DKI Jakarta pada akhir pekan lalu, menurut Teguh penting agar ada kepastian bagi semua pihak. "Menurut gubernur, drafnya sudah final dan keluar dalam waktu tidak terlalu lama," tuturnya.

Usulan REI menyangkut beberapa apartemen bersubsidi di antaranya seperti nilai ekonomis, luasan tanah, dan kepemilikan akan tercantum dalam peraturan yang menjadi kewenangan pemprov. Pergub juga memuat aturan secara umum dan aturan per kasus. "Seperti rusunami (rumah susun sederhana milik) yang berada di kawasan dan fasilitas umum, serta dekat kawasan kereta api," ujar Teguh.

Berdasarkan catatan REI, DKI Jakarta mendominasi usulan pembangunan rusunami sebanyak 258 menara (tower) dari usulan 558 tower di seluruh Indonesia hingga awal tahun ini. Sedangkan rusunami merupakan bagian dari program 1.000 tower yang dicanangkan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan perumahan.

Dari 29 lokasi yang menjalani proses perizinan, delapan diantaranya tuntas perizinan, 18 dalam proses dan tiga lokasi lagi sedang melengkapi persyaratan.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024