Ikon Sepakbola Ramai-ramai Puji Raul

VIVAnews - Tergusur dari skuad timnas Spanyol tak berarti pamor Raul Gonzalez Blanco pudar. Perpaduan talenta dan karisma yang dimiliki Raul membuat beberapa legenda hidup lapangan hijau seantero dunia memberikan pujian buat striker Real Madrid ini.

Ya, Pangeran Bernabeu ini baru saja mencatatkan diri sebagai striker tersubur yang pernah dimiliki Real Madrid. Torehan 309 gol Raul buat Si Putih menjadi yang terbanyak dalam sejarah klub ibu kota Spanyol ini.

Torehan dua gol saat Madrid menggilas Sporting Gijon 4-0 membuat Raul melampaui rekor Alfredo Di Stefano yang sebelumnya tercatat sebagai bomber tersubur dengan 307 gol.

Meski tak secepat di masa keemasannya, tapi striker berusia 31 tahun ini tetap mampu membuktikan dirinya layak ditempatkan di posisi teratas dalam sejarah sepakbola Spanyol, bahkan dunia. Terbukti, tak sembarang orang yang memberikan pujian buat penyerang asal Madrid ini.

Tentu bukan pujian sesaat bila itu datang dari legenda-legenda hidup saat ini. Paolo Maldini, Alessandro Del Piero hingga Cesc Fabregas sangat menghormati sosok pemilik nomor 7 di Madrid ini.

“Raul adalah ikon sepakbola Spanyol dan dunia. Dia telah memenangkan segalanya bersama Real Madrid. Dia selalu memberikan masukan buat pemain muda. Dia contoh positif bagi seorang juara sepakbola," ujar Paolo Maldini seperti dilansir Goal, Senin, 16 Februari 2009.

Maldini yang juga ikon AC Milan ini memang paham betul dengan sosok Raul. Keduanya, seringkali bertemu saat AC Milan bersua Real Madrid di level Eropa. Maldini dan Raul juga sama-sama menjadi sosok yang paling disegani rekan-rekannya.

Tak hanya itu, Maldini juga memandang pantas jika Raul mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Madrid. "Saya ucapkan selamat buat dia, dan saya harap yang terbaik di masa depan Raul. Saya yakin dia masih bisa memberikan banyak buat klub dan timnas," ujar bek 40 tahun ini.

Senada dengan Maldini, ikon Juventus, Del Piero juga melayangkan pujian buat rekannya di Madrid itu. Kapten Juve ini mengaku kagum dengan El Siete (penyerang) Madrid ini.

“309 gol dalam sejarah sungguh unik dan mengagumkan. Tentu, ini langkah yang hanya bisa dicapai seorang juara dengan kualitas terbaik. Saya yakin dia akan melanjutkan itu untuk waktu yang lama," ujar Del Piero kepada EFE.

Pujian Fabregas

Tak mau kalah dengan duo Italia, gelandang Arsenal, Cesc Fabregas, juga tak bisa menyembunyikan kekagumannya pada seniornya di Spanyol itu. Meski berbeda generasi, tapi Cesc mengaku sangat beruntung masih bisa menyaksikan idolanya itu bermain.

“Bagi saya dan generasi termuda Spanyol, Raul selalu menjadi teladan. Golnya, determinasinya, etos kerjanya selalu sama dari tahun ke tahun, dan dia selalu memperlihatkan itu," ujar Cesc.

Cesc sendiri mengaku punya kenangan indah dengan Raul. Keduanya pernah sama-sama berseragam La Furia Roja di Piala Dunia 2006 lalu. Meski Spanyol akhirnya disingkirkan Prancis, tapi sosok Raul selalu memberikan semangat pada generasi penerusnya termasuk Cesc.

“Raul adalah referensi bagi seluruh pesepakbola di dunia. Di setiap sudut dunia, ia selalu menjadi teladan. Saya ucapkan selamat buat dia yang telah mencatat sejarah dengan banyak golnya itu," tutup Cesc.

Selain mencetak 309 gol buat Los Blancos, saat ini Raul juga masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak buat timnas Matador dengan 44 gol. Tak hanya itu, di Liga Champions nama Raul juga menjadi yang tersubur dengan 64 gol.

Istri Dicopet hingga Barang Berharga Raib, Daniel Mananta Pilih Maafkan Pelaku

Raul telah membela Madrid dalam 685 pertandingan. Ia sedang mendekati dan mengincar rekor Manuel Sanchis dengan 712 pertandingan.

Putusan Mahkamah Konstitusi

Sebut MK Bisa Anulir Hasil Pilpres 2024, Guru Besar IPDN Beberkan Alasannya

Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Djohermansyah Djohan menyebutkan, Mahkamah Konstitusi (MK) dapat menganulir hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024