DKI Jakarta

SBY-JK Kehilangan Satu Putaran Kampanye

VIVAnews - Partai Demokrat dan Golkar kehilangan satu putaran kampanye di Jakarta. Dua partai besar itu melanggar aturan pemasangan atribut partai politik.

"Partai yang bersangkutan tak boleh kampanye selama satu putaran atau satu minggu," kata Ketua Pokja Kampanye KPUD DKI Jakarta, Dahlia Umar, kepada wartawan di Balai Kota, Senin 16 Februari 2009.

Kedua partai itu mendapat teguran tertulis setelah setelah keduanya tak menghiraukan teguran lisan yang disampaikan KPUD. Sesuai SK KPU No 9 tahun 2008, teguran tertulis termasuk dalam mekanisme larangan tertinggi. Artinya, partai yang mendapat teguran tertulis terkait atribut mendapat sanksi kehilangan masa kampanye satu putaran.

Sejauh ini, KPUD DKI telah mengirim tujuh surat teguran terhadap tiga partai. Partai Demokrat, Golkar, dan Gerindra. Ketiga partai itu banyak memasang atributnya di sepanjang jalan protokol seperti Jalan Gatot Subroto dan kawasan Semanggi.

KPUD menawarkan solusi kepada tiga partai itu untuk mengganti materi iklan untuk baliho dan billboard. Iklan harus diubah menjadi bukan iklan pemilu, meski sosok yang ditampilkan ketua parpol. "Kami beri batas waktu sampai hari ini untuk mengubahnya."

Jika peringatan ini tak digubris juga, KPUD siap memberi sanksi lebih berat. KPUD akan memberi sanksi kampanye di luar jadual bagi partai terkait.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024