Tak Jadi Berlayar Karena Flu Perut Massal

VIVAnews - Kapal pesiar berbendera Belanda, MS Oosterdam, batal berlayar ke Meksiko dan kembali ke San Diego, Amerika Serikat (AS). Pasalnya, lebih dari seratus penumpang Oosterdam terserang suatu virus bernama norovirus sehingga menderita sakit berjamaah Sabtu pekan lalu, 28 Februari 2009.

Padahal, 2.600 penumpang baru melewatkan malam pertama di atas kapal mewah milik perusahaan Holland American itu.

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

Kru kapal menyatakan situasi gawat darurat setelah seratus penumpang menderita diare, mual-mual, dan gejala penyakit lain.  Ternyata, mereka terkena notovirus, yang kerap disebut flu perut.

"Tamu yang mengalami gejala diminta untuk tetap berada di kabin hingga gejala tersebut menghilang," kata juru bicara Holland American, Erik Elvejord. Laporan awal menyebutkan bahwa seorang wanita tewas karena serangan norovirus tersebut. Namun hal ini dibantah oleh perusahaan.

Norovirus merupakan nama virus dari turunan Caliciviridae. Virus tipe RNA rantai tunggal itu menyebabkan gastroenteritis akut pada manusia. Norovirus baru-baru ini disepakati menjadi nama genus resmi untuk virus-virus yang sementara ini digambarkan sebagai “Norwalk-like viruses” (NLV).

Belum diketahui dari mana asal notovirus. Saat ini pengelola kapal sedang menjalani sterilisasi kuman dan diperkirakan akan kembali melaut. (AP)        

Layanan Bengkel Siaga Suzuki 2024

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Tradisi mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan kembali ramai setelah dua tahun terhambat pandemi COVID-19. Untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan pemudik, PT Suzuki I

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024