Nutrisi Penting Untuk Mata

VIVAnews - Selama ini nutrisi untuk menjaga kesehatan mata identik dengan wortel. Padahal, bahan makanan yang baik untuk meningkatkan kemampuan penglihatan bukan cuma wortel saja.

Agar mata bisa melihat dengan baik, diperlukan berbagai nutrisi yang kaya antioksidan antara lain vitamin A, C, E.

Kekurangan vitamin A bisa menurunkan kemampuan penglihatan saat menjelang petang atau rabun senja. Sedangkan vitamin B2 dan B6 dibutuhkan untuk melindungi lensa dan kornea mata.

Penelitian kesehatan menunjukkan orang yang memiliki kadar antioksidan rendah di darahnya berisiko tinggi mengalami penurunan kemampuan mata atau age-related macular degeneration (AMD).

Nutrisi lainnya yang diperlukan adalah lutein and zeaxanthin. Lutein sangat diperlukan mata untuk mencegah terlalu banyak cahaya ultraviolet (UV) masuk ke mata sehingga menyebabkan kebutaan.

Bahan-bahan tersebut bisa diperoleh dari:

Buah dan sayuran

Vitamin C sebagai antioksidan alami bisa didapat dari buah dan sayuran seperti keluarga buah sitrus, beri (strawberry, blueberry, blackberry), kiwi, dan brokoli.

Sumber vitamin E bisa diperoleh dari minyak sayur, kacang-kacangan dan avokad. Bahan lutein dan zeaxanthin banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam.

Telur

Bahan makanan ini kaya kandungan lutein dan zeaxanthin. Tapi banyak orang menghindari telur karena takut dengan kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Padahal menurut penelitian University of Massachusetts, Amerika Serikat, makan sebutir telur setiap hari tidak masalah. Tapi bila takut kolesterol tinggi, jangan melebihi takaran yang dianjurkan.

American Heart Association menyarankan konsumsi kalori maksimal 300 miligram sehari. Sedangkan sebutir telur mengandung 213 miligram.

Makanan laut

Penelitian terhadap lebih dari 88 ribu responden mengungkapkan bahwa konsumsi asam lemak omega 3 setiap hari memperkecil risiko menderita AMD.

Asam lemak tersebut membantu menjaga dan meningkatkan kemampuan sel syaraf retina mata.

Jenis makanan kaya kandungan asam lemak omega 3 antara lain ikan salmon, sarden, dan makarel. Bahan makanan laut lainnya seperti kepiting, tiram, dan kerang juga perlu dikonsumsi karena mengandung banyak seng yang juga mencegah AMD.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi
Tamara Bleszynski

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Tamara Bleszynski mengungkap anaknya tersebut ditabrak orang tak bertanggung jawab tepat di depan rumahnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024