Obat Batuk dari Spons Laut

VIVAnews - Kalian pasti tahu serial kartun Spongebob. Si Spongebob yang berwarna kuning itu adalah hewan laut yang termasuk dalam kelompok hewan berpori atau sering disebut porifera. Tempat tinggal hewan jenis porifera ini adalah di dasar perairan.

Jika menyelam ke dalam laut, pasti akan terlihat berbagai macam bentuk spons dengan warna yang beragam. Spons juga sering digunakan untuk mandi dan menggosok badan.

Manfaat spons ternyata bukan hanya itu saja. Kandungan zat kimia pada spons juga bisa dijadikan obat. Peter Moeller, seorang ahli kimia dari Hollings Marine Laboratory di Charleston, Amerika Serikat menemukan zat kimia yang bernama ageliferin pada tubuh spons.

Zat tersebut tidak beracun dan cukup aman. Lalu Moeller dan tim penelitinya memberikan ageliferin pada bakteri yang tidak mati walaupun sudah diberi obat antibiotik. Hasilnya adalah bakteri tersebut langsung mati.

Moeller juga mengumumkan ageliferin dapat digunakan untuk membunuh bakteri yang berbahaya bagi manusia. Selain itu ia juga menemukan bahwa ageliferin dapat dijadikan antibiotik untuk mengobati batuk, infeksi telinga dan keracunan makanan.

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024
Liverpool vs Atalanta

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Duel Atalanta vs Liverpool dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024