Pertamina Didesak Atasi Kelangkaan BBM


VIVAnews - Pemerintah memberi tenggat waktu tiga hari kepada PT Pertamina (Persero) untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar premium setelah terjadi penurunan harga.

"Harapan kami selesai dalam tiga hari ini," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Departemen Energi, kepada VIVAnews, di Jakarta, Selasa 2 Desember 2008.

Menurut dia, pemerintah dan Pertamina tengah melakukan koordinasi mengatasi kelanggan tersebut. Perusahaan minyak plat merah itu sudah berjanji akan segera menyelesaikan permasalahan ini.

Kelangkaan premium terjadi karena beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tidak mengambil BBM dari Pertamina, karena masih melakukan negosiasi marjin baru yang rencananya akan dipangkas oleh Pertamina karena penurunan harga. 

"Karena ada penurunan harga, Pertamina merasa harus negosiasi ulang pembagian marjin," kata Evita.

Pertamina selama ini memberi marjin kepada pengusaha SPBU sebesar Rp 180 per liter untuk SPBU yang tidak memegang sertifikasi pasti pas. Rp 200 per liter untuk SPBU sudah berkomitmen mengikuti standar penjualan Pertamina Way, serta Rp 205 per liter untuk SPBU pasti pas.

Dihubungi terpisah, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Achmad Faisal menjelaskan kelangkaan dan antrean yang terjadi karena penurunan harga premium ini hanya sementara saja. "Stok BBM cukup. Masalahnya SPBU enggan mengambil BBM di Pertamina," katanya.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid
PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024