Bus Transjakarta

Menanti Beroperasinya Koridor VIII-X

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI belum dapat memberi kepastian mengenai pengoperasian Bus Transjakarta koridor VIII-X. Yang dikatakan melulu target dan harapan.

"Berdasarkan jadwal, pertengahan tahun 2009 bisa beroperasi," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat 5 Desember 2008.

Target yang tidak pasti itu pun tidak untuk pengoperasian tiga koridor secara utuh. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengoperasikan setengah rute perjalanan di masing-masing koridor. Alasannya, jumlah armada tidak mencukupi. "Kalau terlampau panjang, busnya belum cukup," ujar Prijanto.

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta Daryati Asrining Rini mengatakan, koridor yang siap difungsikan hanya koridor VIII. Dengan meminjam bus dari koridor I-VII, ia optimistis koridor sepanjang 26 kilometer ini bisa beroperasi awal tahun 2009. Sedangkan, dua koridor lain ia belum berani memasang target. 

Ketiga koridor ini, awalnya, dijanjikan beroperasi pada September 2008 dengan 206 armada. Sebanyak 113 unit dilelang pada perusahaan swasta, sedangkan 93 unit diserahkan kepada konsorsium existing.

Janji tinggallah janji. Infrastruktur senilai Rp 365 miliar di tiga koridor itu pun mulai rusak, lantaran tak kunjung difungsikan. Halte penuh coretan dan debu, sebagian lintasan juga hancur. Tiga koridor ini memiliki 63 halte dan 27 jembatan penyeberangan orang.

Koridor VIII Lebak Bulus-Harmoni mengambil rute jalan Lebak Buluk-Ciputat Raya-TB Simatupang-Pasar Jumat-Metro Pondok Indah-Iskandar Muda-Teuku Nyak Arif-Letjen Supomo-Panjang-Daan Mogot-S Parman-Tomang Raya-Kyai Caringin-Balik Papan-Suryopranoto-Harmoni.

Koridor IX sepanjang 29,9 kilometer mengambil rute Terminal Pinang Ranti-Pondok Gede Raya-Raya Bogor-Mayjen Sutoyo-Mt Haryono-Jl Gatot Subroto-S Parman-Prof Latumeten-Jembatan Dua-Jembatan Tiga-Pluit.

Sedangkan, koridor X sepanjang 19 kilometer mengambil rute Terminal Cililitan-Mayjen Sutoyo-DI Panjaitan-Jendral Ahmad Yani-Yos Sudarso-Enggano-Terminal Tanjung Priok.

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran
Kucing Okin Dikabarkan Mati

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

Kucing Caracal bernama Nala dikabarkan telah mati, Kamis 28 Maret 2024. Kucing ini dipelihara oleh Okin atau dikenal sebagai Niko Al Hakim, mantan suami Rachel Vennya

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024