Survei Integritas Publik KPK

Mahkamah Agung Tempati Urutan Buncit

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi merilis hasil survei integritas publik terhadap departemen atau instansi dan pelayanan publik. Mahkamah Agung dinilai sebagai instansi yang memiliki skor integritas terendah.

Survei ini diumumkan Wakil Ketua Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi, M Jasin, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 4 Februari 2009.

Menurut Jasin, survei dilakukan terhadap 105 unit pelayanan yang terdapat di 35 departemen atau instansi. Dari 105 unit, komisi menilai hanya 84 unit pelayanan yang menjadi perhatian karena bersentuhan langsung dan berdampak bagi masyarakat.

Dari survei yang dilakukan, rata-rata skor integritas sektor publik di tingkat pusat adalah 6,84. Sedangkan rata-rata nilai integritas sektor publik di 52 kabupaten di 20 Provinsi adalah 6,69.

Dari hasil survei terungkap Mahkamah Agung menjadi instansi yang memiliki skor integritas terendah dan di bawah rata-rata 6,84. Hal ini diperkuat dengan hasil survei terhadap pelayanan yang dilakukan Mahkamah Agung masih di bawah rata-rata. Tercatat, pelayanan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, menjadi unit layanan yang paling rendah nilai integritasnya.

Selain itu, unit layanan Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat juga memiliki nilai integritas rendah.

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya
Pakar Hukum Internasional, Hikmahanto Juwana

Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

Guru Besar Hukum Internasional (UI) Hikmahanto Juwana menyarankan agar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi segera menghubungi Menlu Iran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024