Review Sepekan

Rebound Saham Komoditas Gerakkan IHSG

VIVAnews - Sepanjang pekan ini, indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) bergerak menguat 1,35 persen ke level 1.350,64. Kenaikan IHSG didorong oleh rebound saham pertambangan dan perkebunan.

Analis PT Panin Sekuritas Purwoko Sartono mengatakan, pergerakan IHSG juga diwarnai oleh penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate). Selain itu, pasar merespons positif pernyataan BI terkait dengan kecenderungan inflasi dan suku bunga yang menurun tahun ini.

Pemerintah melalui menteri keuangan juga menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini akan berkisar 4-5 persen. "Proyeksi tersebut lebih baik dibandingkan negara lain yang merevisi pertumbuhan ekonomi akibat krisis global," kata Purwoko dalam ulasan pasar akhir pekan yang diterima VIVAnews di Jakarta.
 
Secara teknikal, IHSG mampu menembus middle bollinger band dan bertahan di atas level psikologis 1.300. Berdasarkan weekly chart, terlihat IHSG masih berada dalam pola mendatar (sideways) yang terbentuk dalam empat pekan terakhir.

Saham pendorong IHSG pekan ini antara lain PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

Sementara itu, saham yang bergerak melemah antara lain PT Astra International Tbk (ASII), menyusul keluarnya laporan penjualan mobil dan motor yang menunjukkan penurunan. Selain ASII, saham lain yang bergerak melemah antara lain PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).
 
Rekomendasi Pekan Depan

Purwoko mengatakan, minimnya nilai transaksi masih akan menjadi katalis penghambat kenaikan IHSG pekan depan. "Meski demikian, kami perkirakan IHSG bergerak menguat menguji level 1.380," ujar dia.

Jika mampu menembus level tersebut, dia melanjutkan, IHSG kemungkinan melanjutkan penguatan pada pekan berikutnya. Selain harga komoditas, pasar juga akan mencermati berita makro dari global dan regional seperti kebijakan dana talangan (bailout) dari pemerintahan Barack Obama, data pengangguran, dan penjualan ritel di AS.

"Kisaran support dan resistance IHSG 1.326-1.387," kata dia.

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina
Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

"5 korban rata-rata luka bakar ada di kepala, tangan, dan kaki. Setelah kita evakuasi langsung kita larikan ke RSUD Mampang Prapatan," ujar Kompol David Kanitero.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024