Krisis Ekonomi Global

Dana Terbatas, IMF Tak Bisa Lagi Diandalkan

VIVAnews - Sejumlah negara di Asia Tenggara tidak bisa lagi mengandalkan lembaga keuangan internasional seperti Dana Moneter Internasional untuk menyelesaikan persoalan krisis keuangan yang melanda hampir seluruh dunia.

"Sumber daya yang mereka miliki sangat terbatas," ujar Perdana Menteri Thailand Abhisit Vijjajiva kepada wartawan dalam pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Organisasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) di Gedung Sekretariat ASEAN, Jalan Sisingamangara, Jakarta, Sabtu 21 Februari 2009.

Menurut Abhisit, keterbatasan IMF saat ini tidak hanya dari segi pendanaan. Organisasi dunia tersebut juga mengalami kendala sumber daya manusia untuk mengurusi banyaknya negara yang terkena dampak krisis keuangan global.

Abhisit menganggap persoalan krisis keuangan yang terjadi di negara-negara ASEAN hanya dapat diselesaikan melalui kerjasama regional yang lebih erat. "Kami berharap inisiatif Chiangmai dapat menjadi isu yang disampaikan pada pertemuan pemimpin negara di G-20 Summit," kata dia.

Salah satu solusi yang dianggap cukup efektif adalah dana talangan bersifat regional yang dihimpun khusus untuk membantu negara-negara ASEAN yang mengalami krisis ekonomi. "Kita tidak bisa menunggu bantuan IMF atau lembaga donor internasional," ujarnya.

Untuk itu, Abhisit kembali menekankan pentingnya kerjasama regional yang lebih dipererat sebagai pengganti peran lembaga donor yang selama ini ada.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus
Harvey Moeis, suami dari artis Sandra Dewi ditetapkan sebagai tersangka korupsi

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Kasus korupsi tata niaga timah yang menjerat suami Sandra Dewi, Harvey Moeis jadi sorotan, Wapres Ma'ruf Amin buka suara soal jemaah umrah WNI yang ditangkap di Saudi

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024