Fokus Awal Lab Open Source Microsoft ke PHP

VIVAnews -- Fokus awal dari Microsoft Open source Interoperabilty Laboratory (MS-OSIL) yang didirikan di Universitas Indonesia, akan lebih pada interoperabilitas PHP dengan Windows.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Demikian dikatakan oleh Irving Hutagalung, Platform Strategy Manager Business Marketing Organizations Microsoft Indonesia saat acara peluncuran lab di Univeritas Indonesia (UI) Depok, Selasa 25 Februari 2009.

PHP adalah bahasa script yang didesain untuk menghasilkan halaman web dinamik, yang bisa dikombinasikan dengan bahasa HTML. Bahasa terbuka ini banyak digunakan oleh pengembangweb di seluruh dunia.

Kanye West Dilaporkan Akibat Diduga Meninju Pria yang Melecehkan Istrinya, Bianca Censori

"Saya ingin agar aplikasi Joomla, atau Wordpress bisa berjalan mulus di atas platform Windows," kata Irving.

Sementara tujuan utama dari lab ini adalah sebagai pusat pengembangan interoperabilitas antara aplikasi open source dengan platform Windows.

Microsoft memang berkepentingan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan komunitas dan open source. "Bila kita tidak bekerja sama dengan mereka, kita akan rugi sendiri," ujar Irving.

Sebenarnya, Microsoft  sudah beberapa kali bekereja sama dengan komunitas open source. Secara global, kata Irving, Microsoft merupakan mitra utama dari Apache Foundation. Di Indonesia, Microsoft juga telah tiga kali menjadi sponsor acara komunitas PHP Dada eveloper Day.

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

"Kami memilih lokasi lab ini di UI, karena kami memandang MIC UI sebagai lab yang inovatif dan dinamis," ujar Irving. Sayang Microsoft enggan menngungkapkan berapa besar investasi yang dikeluarkan untuk lab open source itu.

Lab itu sendiri, merupakan pengembangan dari Microsoft Innovation Center (MIC) yang sudah ada di UI sebelumnya. MIC, kini tersedia tak kurang dari 15 komputer workstation dan 4 buah komputer server.

Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Usai Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait penalti pada laga melawan Australia yang berhasil digagalkan Ernando Ari.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024