Prosesor Multi Core

Intel Core i7 Mulai Bermunculan

Intel siapkan prosesor baru. Prosesor yang sejak lama dikenal dengan nama Nehalem itu merupakan generasi terkini dari jajaran mikroarsitektur prosesor Intel x86. Dengan munculnya sejumlah ulasan performa di Internet, berarti kehadiran Core i7 (nama resmi prosesor baru itu) di pasaran sudah dekat.

Core i7 merupakan generasi penerus jajaran Core 2 series yang sukses merajai pasaran sejak diluncurkan, Juni dua tahun lalu. Sejak itu pasar dibanjiri prosesor berbasis 65 dan 45 nanometer tersebut dan market AMD terus tergerus.

Untuk meningkatka kinerja, perubahan arsitektur secara total dilakukan oleh Intel. Pada die (inti prosesor) berukuran 250 milimeter persegi, Intel menempatkan 731 juta transistor yang diproduksi dengan proses 45 nanometer.

Perbedaan utama Core i7 dengan Core 2 adalah di sisi memori. Mulai dari L1 cache sampai L3 sudah diperbaiki. Agar bisa lebih menggenjot performa, kontroler memori juga kini sudah dibenamkan di prosesor. Serupa dengan metode yang digunakan oleh AMD sejak jaman prosesor Athlon 64.

Bedanya, kalau AMD mengimplementasikan kontroler memori untuk mendukung modus dua kanal memori secara langsung (dual channel mode), pada Core i7, prosesor mampu mendukung triple channel memory. Sehingga secara teoritis, bandwidth yang disediakan untuk transmisi data dari, ke, dan antar core prosesor jauh lebih tinggi. Total, tersedia bandwidth sebesar 192-bit untuk tiap prosesor.

Penempatan kontroler memori di dalam prosesor juga menghilangkan bottleneck yang selama ini terjadi di sistem lawas berbasis Front Side Bus. Khusus untuk bandwidth antara prosesor dan chip lain di sistem, Intel juga telah menggunakan QuickPath Interconnect. Serupa dengan HyperTransport pada sistem AMD. Digunakannya kembali L3 cache yang bekerja pada kecepatan chip juga akan meningkatkan performa prosesor secara keseluruhan. 

Ada tiga varian awal Core i7 yang sudah siap diluncurkan resmi dalam mingu-minggu mendatang. Core i7 965XE, 940 dan 920. Ketiganya bekerja pada kecepatan 3,2GHz, 2,93GHz, dan 2,66GHz. Harganya? Dari informasi awal, produk-produk tersebut akan dilepas oleh Intel November ini di harga antara 999, 562, dan 284 dolar AS, jika membeli 1000 unit sekaligus.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis
VIVA Militer: Pasukan milisi Republik Ossetia Selatan

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

PBB memiliki anggota sekitar 193 negara. Namun, di luar jajaran negara-negara tersebut, terdapat setidaknya 9 negara yang belum mendapat pengakuan sebagai anggota PBB. 

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024