FFI 2008 di Bandung

Laskar Pelangi Tak Masuk Nominasi

VIVAnews – Festival Film Indonesia (FFI) 2008 kembali akan digelar. Rencana FFI tahun ini akan diadakan tanggal 12 Desember di Bandung. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diharapkan menonton puncak acara ini.

Sedikitnya 57 judul film diseleksi tim juri. Pada tahap seleksi administrasi, tujuh film dinyatakan tidak bisa masuk di kompetisi karena tidak memenuhi persyaratan administrasi.

“Tujuh film tersebut tidak memenuhi persyaratan seperti sutradara harus orang Indonesia dan harus dalam formal seluloid,” kata Deddy Mizwar selaku Ketua Panitia FFI 2008 di Jakarta, Selasa 4 November 2008.

Dari 57 film yang ikut kompetisi, Film Laskar Pelangi tidak masuk di dalamnya. Saat ditanyakan ke Deddy Mizwar, film Laskar Pelangi tidak didaftarkan oleh pihak produser.

“Itukan hak orang (untuk mendaftarkan) jadi harus dihormati. Jangan berprasangka buruk dulu. Siapa tahu mau ikutan internasional film dulu mungkin," Katanya.

Meski tidak masuk dalam FFI tahun ini, lanjut Deddy, Laskar Pelangi masih bisa ikut kompetisi tahun depan.

Deddy membantah anggapan peserta FFI didominasi oleh sineas tua. Sineas muda juga banyak dilibatkan. Bagi panitia, yang dinilai bukan tua dan muda, namun hasil kreatifitasnya.

Perihal 7 film yang gagal masuk seleksi, menurut Deddy, karena sutradaranya warga Negara asing. Selain itu, ada film yang formatnya tidak dalam formal seluloid.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"
Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

Airlangga Hartarto mengatakan kader Golkar siap ditempatkan di legislatif maupun eksekutif. Dia menanggapi peluang keterlibatan Golkar dalam kabinet Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024