Kronologi Serangan Teror di India

VIVAnews - Serangan teror di Mumbai Rabu malam, 26 November, bukan kali pertama mengguncang India. Sebelum tragedi di Mumbai, sepanjang tahun ini Negeri Gajah tersebut sudah mengalami sepuluh serangan di berbagai tempat dan menewaskan ratusan jiwa. Berikut ini kronologi serangan teror di India sepanjang 2008, seperti yang dihimpun oleh Times of India dan The Wall Street Journal.
 
13 Mei di Jaipur: Enam ledakan terjadi di Jaipur, kota tujuan wisata di negara bagian Rajasthan di wilayah barat India. Rangkaian ledakan menewaskan 63 orang dan melukai sedikitnya 150 orang.

25 Juli di Bangalore: Tujuh ledakan yang terjadi secara beruntun di Bangalore, salah satu kota maju di wilayah selatan India. Satu orang tewas dan lebih dari 150 orang terluka.

26 Juli di Ahmedabad: Sekitar 20 ledakan bom terjadi dalam waktu kurang dari dua jam. 57 orang tewas dan lebih dari 150 orang terluka dalam peristiwa tersebut. Sekelompok orang yang menyebut dirinya Mujahidin India mengaku bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

13 September di New Delhi: Terjadi enam ledakan di New Delhi, kota yang terkenal dengan pusat perbelanjaan. 26 orang tewas dan sedikitnya 100 orang terluka. Kelompok Mujahidin India lagi-lagi mengaku bertanggung jawab.

27 September di New Delhi: Tiga ledakan di pasar bunga yang sedang ramai di New Delhi menewaskan tiga orang.

29 September di Modasa, Gujarat: Satu orang terbunuh dan beberapa orang terluka akibat ledakan bom berdaya ledak rendah. Bom tersebut dibawa menggunakan sepeda motor yang melewati sebuah masjid.

29 September di Malegaon, Maharashtra: Lima orang meninggal akibat ledakan bom yang dibawa dengan sepeda motor. Sepeda motor tersebut melewati sebuah pasar yang sedang ramai.

14 Oktober di Kanpur: Delapan orang terluka akibat bom yang dibawa menggunakan sepeda motor. Sepeda motor tersebut melewati sebuah pasar yang sedang ramai.

21 Oktober di Imphal: Ledakan dahsyat di dekat kompleks Komando Polisi Manipur menewaskan 17 orang.

30 Oktober di Assam: Sedikitnya 61 orang tewas dan lebih dari 300 orang terluka akibat 18 teror bom di Assam yang terletak di wilayah timur laut India.

26 November di Mumbai: Sedikitnya 100 orang tewas dan lebih dari 200 orang terluka akibat serangan teror di tujuh lokasi di Mumbai. Lokasi-lokasi tersebut adalah stasiun kereta super sibuk CST, hotel Taj Mahal, hotel Oberoi Trident, bandar udara domestik Santa Cruz, Rumah Sakit Cama dan GT di dekat CST, Metro Adlabs multiplex dan Mazgaon Dockyard, dan markas kelompok Yahudi Chabad-Lubavitch. Target serangan adalah warga asing, terutama warga Inggris dan Amerika Serikat.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024