Kekasih Ryan Divonis 10 Bulan Penjara

VIVAnews - Novel Andreas divonis 10 bulan penjara. Vonis itu lebih ringan tiga tahun dua bulan dari tuntutan jaksa penuntut umum.

Vonis dibacakan Ketua Majelis Hakim, Suwidya, di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, Senin 1 Desember 2008.

Kekasih terdakwa pembunuh berantai, Very Idham Henyansyah atau Ryan, itu terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pidana penadahaan hasil tindak kejahatan. "Tapi, terdakwa tidak terlibat langsung dengan pidana yang dilakukan Ryan," kata Hakim.

Selaain 10 bulan penjara dikurangi masa tahanan, Novel diwajibkan membayar biaya perkara Rp 1.000. Novel juga diminta mengembalikan telepon genggam Nokia N70 pemberian Ryan untuk keperluan sidang kasus mutilasi terhadap Heri Santoso yang dilakukan Ryan.

Sebelum membacakan vonis, hakim membacakan hal yang memberatkan hukuman Novel antara lain, perbuatannya merugikan orang lain, dan kurang berhati-hati memilih teman. Hal meringankan, Novel masih muda, kooperatif dalam sidang, dan belum pernah dihukum. "Alhamdulliah, doa kami terkabul," ujar orang tua Novel mendengar putusan hakim yang lebih ringan dari tuntutan jaksa. 

Menanggapi vonis, tim jaksa penuntut umum yang diketuai Budi Hartawan Panjaitan menyatakan keberatan. Tim jaksa akan melakukan banding. Mereka yakin, Novel mengetahui dan melindungi tindak kejahatan Ryan.

Novel dikenai pasal 480 ayat 1 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang penadahan. Novel terbukti menerima telepon genggam Nokia N70 dari Ryan, yang dibeli dengan kartu kredit milik Heri Santoso. Novel menerima telepon genggam itu sehari setelah Ryan memutilasi Heri.

Selain membeli telepon genggam, Ryan juga menggunakan kartu kredit Heri untuk membeli televisi 20 inch merek LG, rice cooker, bed cover, dua buah cermin, dan perabotan rumah. Seluruh barang itu digunakan bersama Novel di kontrakan mereka di Margonda, Depok.

(Laporan: Ramuna/ Depok)

Terpopuler: Shin Tae-yong 'Sentil' AFC, Indonesia Terhindar dari Israel
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Jeritan Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Irak

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memberi pesan untuk wasit dan AFC jelang pertandingan melawan Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024. 

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024