Lima KKKS Hemat Eksplorasi Migas US$ 20 Juta

VIVAnews - Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas (BP Migas) menyatakan lima Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang memiliki wilayah kerja dalam satu region telah melakukan penghematan biaya eskplorasi dan eksploitasi migas di wilayah kerja mereka. Jumlahnya antara US$2-20 juta.

"Mereka sudah melakukan mekanisme kerjasama ini sejak tiga bulan yang  lalu," ujar Kepala BPMigas R Priyono di Jakarta, Jumat 5 Desember 2008.

Menurut dia, selama ini dalam pengadaan barang dan jasa seperti rig dan helipad lima KKKS itu melakukannya sendiri-sendiri, sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi mahal. Dengan melakukan penyewaan serta transaksi dalam pengadaan barang dan jasa tersebut biayanya menjadi murah.

Otto Hasibuan: Rakyat Dituduh Pilih Prabowo-Gibran karena Bansos, Ini Sangat Menyakitkan!

Priyono menjelaskan, KKKS yang melakukan kerjasama ini diantaranya Energy Mega Persada (EMP) dan Santos yang memiliki wilayah kerja di Jawa Timur.

Disinggung mengenai Pertamina yang tidak masuk dalam kelompok KKKS yang melakukan penghematan, dia menjelaskan perusahaan migas plat merah itu memiliki wilayah kerja minyak dan gas yang luas sehingga sulit melakukan mekanisme kerjasama dengan perusahaan lain.

Sandra Dewi

Sandra Dewi Ogah Bahas Kekayaan Suami, Tahu Harvey Moeis Korupsi?

Citra Sandra Dewi langsung hancur setelah suami Harvey Moeis ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024