Imbas Krisis Global

Ajukan Pailit, Bos Tribune Kirim Email

VIVAnews - Chairman dan Chief Executive Officer grup media massa, Tribune Corp., Samuel "Sam" Zell, menjamin kepada semua karyawannya bahwa pekerjaan mereka tetap berjalan seperti biasa, kendati manajemen telah mengajukan gugatan pailit kepada pengadilan Chicago. 

Vietnamese EV Taxi Service Push Sustainability Agenda with VinFast

Melalui email yang dia tulis tertanggal 8 Desember 2008, Zell juga berjanji bahwa kendati Tribune tengah dihantam "badai yang dahsyat," gaji semua karyawan berikut tunjangannya tetap dibayar. Email Zell tersebut dimuat di semua media milik Tribune - termasuk di surat kabar The Los Angeles Times dan The Chicago Tribune.

Tribune memiliki 12 media cetak dan 23 stasiun televisi di penjuru AS. Selain itu, Tribune memiliki klub bisbol Chicago Cubs.

Masalahnya, utang Tribune kini mencapai US$13 miliar dan aset hanya US$7,6 miliar. Kendati pembayaran utang rata-rata baru jatuh tempo Juni 2009, Tribune sudah tidak bisa lagi diandalkan para kreditur untuk memenuhi kewajiban finansialnya.

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Kecantikan Kian Diminati

Berikut ini isi email yang dikirim Zell kepada karyawan Tribune, seperti yang dikutip di laman The Los Angeles Times:

8 Desember 2008

Rekan-rekan sekalian,

Kami baru mengumumkan bahwa Tribune tengah merestrukturisasi utangnya menurut Pasal 11 Undang-Undang Kepailitan Amerika Serikat. Saya yakin bahwa kalian telah melihat liputan yang sifatnya spekulatif sepanjang malam kemarin hingga pagi ini. Maka saya berharap Anda semua mendengarkan kabar dari saya terlebih dahulu, namun sejak kabar utang kita telah dipublikasikan, kami tetap merahasiakan keputusan kami hingga mendapat persetujuan resmi dari dewan direktur. [Klub bisbol] Chicago Cubs tidak masuk dalam skema [kepailitan].

Yang lebih penting lagi saya tegaskan bahwa kita akan terus beroperasi seperti biasa. Itu termasuk pembayaran gaji dan tunjangan (seperti perawatan kesehatan, penyandang cacat, dan lain-lain), serta membayar semua mitra pengecer atas barang dan jasa yang mereka berikan.

Sesuai dengan prosedur dalam Pasal 11, kami telah mengajukan "Mosi Hari Pertama" dengan mendapatkan persetujuan hakim pengadilan [kepailitan] atas program-program yang penting bagi kelanjutan usaha kita tanpa ada gangguan. Kami harap mendapatkan mosi tersebut dalam beberapa hari ke depan.  
 
Anda mungkin juga sedang memikirkan dampaknya bagi skema upah. Dana pensiun [401 (k)] tidak terpengaruh dan pada umumnya tunjangan dan tabungan pensiun juga tidak akan terpengaruh oleh pengajuan kepailitan. Skema Employee Stock Ownership Plan (ESOP) merupakan bagian dari struktur kepemilikan, sehingga nilainya dan peran untuk jangka panjang akan ditentukan dalam restrukturisasi. Kami yakin bahwa struktur tersebut merupakan aset bernilai bagi perusahaan dan ada alasan kuat untuk mempertahankannya.

Jadi, bagaimana kita bisa begini? Setidaknya telah terjadi badai yang benar-benar dahsyat. Anjloknya pendapatan dan situasi ekonomi yang sulit disertai dengan krisis kredit membuat kita sangat sulit untuk membayar utang. Pendapatan iklan utama kita kian terjepit.
 
Dengan mestrukturisasi utang, kita akan mengurangi tekanan pada bisnis operasional perusahaan dan memungkinkan kita untuk mencapai visi menciptakan perusahaan media yang tetap bertahan dan mutakhir yang dihargai oleh para pembaca, pemirsa, dan pengiklan dan memainkan peran penting bagi masyarakat.

Pengajuan [pailit] ini tidak berdampak bagi pekerjaan rutin kalian. Kita akan terus beroperasi di tengah situasi yang menantang - dengan mengatur pengeluaran dan memaksimalkan peluang mendatangkan pemasukan. Itulah yang harus kita lakukan terlepas jadi tidaknya kita merestrukturisasi utang.  

Tantangan-tantangan yang kita hadapi sama dengan yang dialami semua perusahaan media, sejalan dengan bertambahnya jumlah perusahaan di berbagai macam industri hari ini. Kenyataannya adalah kita - bersama dengan segenap komponen bangsa - sulit melihat dengan jelas kemana ekonomi akan bergerak dan bagaimana kinerja bisnis di tengah resesi.

Kabar baiknya adalah bahwa kita memiliki semua produk-produk yang luar biasa, dan kita memproduksi mereka setiap hari. Kini tergantung pada kita semua untuk terus berkonsentrasi melakukan apa yang terbaik.

Sebagai Chairman dan CEO kalian, saya akan terus secara aktif terlibat dalam bisnis ini dan tetap berkomitmen pada perusahaan ini, dan juga bagi Anda dan bagi para kreditur kita. Randy, Gerry, dan seluruh tim manajemen bersama-sama berdedikasi untuk memajukan perusahaan ini.

Saya yakin bahwa kalian memiliki banyak pertanyaan yang tidak dijelaskan di email ini. Maka, saya mengimbau Anda untuk mengunjungi laman TribLink, dimana kita telah menyusun kolom tanya-jawab. Atau menelpon nomor bebas pulsa 888-287-7568. Kami juga akan mengirim informasi ke Tribune.com. Namun saat ini ada sejumlah hal yang mungkin kami tidak tahu atau tidak bisa kami pastikan.
 
Saya bangga atas pekerjaan yang telah kita lakukan di Tribune tahun lalu. Saya telah melihat determinasi yang kuat untuk mempertahankan perusahaan ini dan bergerak ke arah baru. Hasilnya, kita telah mengurangi biaya, mendapatkan keuntungan di bursa, dan menciptakan pondasi untuk model bisnis yang baru di media yang tradisional. Restrukturisasi ini akan memberi kita waktu yang diperlukan untuk membangun model tersebut dan untuk menjamin aliran dana yang terus-menerus dan bertambah, serta untuk menggapai sukses para mitra berbakat di perusahaan ini secara pantas. 

Sam

Video Detik-detik Muazin Mengubah Lafaz Azan saat Hujan Badai di Dubai, Serukan Sholat di Rumah
Ilustrasi utang.

5 Negara yang Paling Jarang Utang di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Tidak semua negara di dunia ini mengandalkan utang dalam proses pembangunan dan pengelolaan pemerintahannya. Ada lima negara yang memiliki tingkat utang paling rendah.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024